Batam Wonderfood dan Art Ramadhan Dibuka, Ajang Ngabuburit Warga

KLIKNUSAE.com Batam Wonderfood dan Art Ramadhan Resmi Dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, pada Rabu 30 Maret 2022.

Event yang yang dilaksanakan di Taman Dang Anom, Batam Center, itu akan berlangsung hingga 24 April mendatang.

“Bismillahirohmanirohim, saya secara resmi meluncurkan Batam Wonderfood & Art Ramadhan,” kata Sandiaga saat membuka event tahunan itu.

Selanjutnya, dalam pembukaan itu ditandai dengan pembuatan teh tarik oleh Menparekraf bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Riau (Kepri), Marlin Agustina, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, beserta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata.

BACA JUGA: Pawang Hujan Jadi Daya Tarik, Sandiaga Sebut Sebagai Kearifan Lokal

Dia meminta semua stakeholder di Batam tetap bersamangat untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata.

“Ini kerja sama yang sangat luar biasa. Kami datang ke sini (Batam) dengan tim lengkap. Dan kami sangat mengapresiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Batam yang sudah membuat Batam jadi kota penyumbang wisman tertinggi setelah Bali,” ungkapnya.

Ia berpesan, agar pariwisata Batam ke depan lebih berkualitas dan mampu membangkitkan ekonomi dan bisa menambah penghasilan masyarakat.

“Kuliner ini adalah salah satu ekonomi kreatif. Saya salut apa yang dilakukan tetap memperhatikan protokol Clean, Health, Safety & Environment (CHSE),” ujarnya.

Batam Wonderfood Ajang Mempromosikan Kuliner

BACA JUGA: DPD PUTRI Kepri Sambut Baik Kedatangan Wisman Singapura

Sandiaga mengatakan, Batam Wonderfood & Art Ramadhan menjadi ajang mempromosikan kuliner khas Batam.

Ia berharap dengan upaya yang dilakukan Batam akan makin membangkitkan pariwisata Batam.

“Kami akan menjadikan Batam sebagai gerbang masuknya wisman. Event berskala internasional harus digelar di Batam,” tegasnya.

Dengan event-event yang digelar, pinta Sandiaga,  semoga Batam dan Kepri bisa bangkit kembali pascapandemi.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyampaikan bahwa, kegiatan ini menjadi tanda bangkitnya pariwisata dan ekonomi kreatif Batam.

BACA JUGA: Mau Liburan Ke Pekanbaru, Ada Tiket Pesawat Rp 300 Ribu Lho

Dirinya mengaku, kegiatan tersebut menjadi pelepas rindu setelah selama ini masyarakat dilakukan pembatasan kegiatan selama pandemi.

“Untuk penanganan Covid-19 terus dilakukan dan alhamdulillah saat ini kasus di Batam sudah melandai,” ujar Rudi.

Selain penanganan pandemi, Rudi juga menyampaikan, bahwa Batam terus berbenah memajukan pariwisata Indonesia. Beberapa fasilitas dan destinasi pariwisata terus dibangun.

“Untuk Bandara akan dibangun dan dilengkapi destinas wisata religi yakni Masjid Tanjak di kawasan Bandara Hang Nadim Batam,” katanya.

Mempercantik Taman Rusa

BACA JUGA: Kalender Event Wisata Kalbar Diluncurkan, Sandiaga Dorong Anak Muda Inovatif

Selain itu, beberapa destinasi lain seperti Taman Rusa juga sudah dibangun dan infrastruktur menuju destinasi wisata juga sudah dipercantik.

“Batam punya peran meningkatkan kunjungan wisata Indonesia setelah Bali. Upaya yang kami lakukan di Batam untuk menumbuhkan dan menjaga potensi pariwisata yang ada,” ujarnya.

Di hadapan Menteri Sandiaga, Rudi berharap dukungan dari Kemenparekraf RI untuk terus memajukan pariwisata Batam setelah diterpa pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Ditanya Pemilu 2024 Diundur, Ini Jawaban Sandiaga Uno

“Sekarang sudah kembali bangkit. Beberapa kebijakan pusat sangat dibutuhkan dan dukungan dari seluruh masyarakat dalam membangun Batam,” katanya.

Di lokasi sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, melaporkan, kegiatan ini merupakan pegelaran ketiga yang digelar setiap bulan puasa.

“Kami sampaikan rasa hormat kepada Kemenparekraf yang terus mendukung kegiatan ini dari tahun ke tahun,” kata Ardi.

“Ramadan tahun 1443 Hijriah atau tahun 2022 ini mengusung tema Jom Balek Kampung. Pada acara pembukaan Batam Wonderfood & Art Ramadhan menyuguhkan kuliner hingga pegelaran seni,” ujarnya.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya