Hari Pertama GIIAS Bandung 2023, Dipenuhi Crew Prinsipal Otomotif

KLIKNUSAE.com - Hari pertama penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS Bandung 2023, masih dipadati para crew prinsipal otomotif.

Pantauan Kliknusae.com, Rabu 22 November 2023, pengunjung yang memadati ruang pameran Sudirman Grand Ballroom lebih banyak didominasi oleh crew dari beberapa brand kendaraan.

Sementara pengunjung biasa tak lebih 20 persen yang ingin melihat-lihat beberapa merek kendaraan roda empat yang dipamerkan.

Satu booth kendaraan bisa diisi lebih dari 10 orang. Belum termasuk sales promotion girl (SPG) yang berjaga di beberapa sudut stand.

BACA JUGA: GIPI Gelar Pameran Perjalanan, Banyak Promo dan Diskon Lho..

Praktis, aktivitas hari pertama lebih banyak disibukan oleh masing-masing crew yang ingin menyaksikan jalannya pameran.

Bahkan, secara bergantian mereka berkerumun dari satu booth ke booth yang lain untuk ikut menyaksikan serimonial launching produk masing-masing merek.

"Ini yang meramaikan, malah masing-masing merek kendaraan yang ikut pameran ya," ujar salah seorang pengunjung, sambil mengamati sebuah unit kendaraan SUV.

BACA JUGA: GIIAS Bandung 2023 Resmi Dibuka, Ini Harga Tiket Masuknya

Memperkenalkan produk baru

Ada beberapa deretan mobil terkemuka dari 18 merek papan atas, termasuk Audi, Daihatsu, Suzuki, Toyota, Hyundai, Wuling, Chery, dan lainnya yang ikut dalam acara otomotf bergengsi ini.

Sementara itu Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dalam pembukaan GIIAS mengungkapkan bahwa GIIAS Bandung adalah langkah nyata untuk merentangkan sayap acara otomotif terbesar di luar Jakarta.

"GIIAS Bandung membawa semangat perubahan dengan memperkenalkan produk terbaru, termasuk mobil berbasis listrik, kepada masyarakat Jawa Barat," ujarnya, hari ini.

BACA JUGA: Pameran Otomotif Berkelas Dunia Kembali Digelar di Indonesia, Ini Waktunya

Pilihan Bandung sebagai tuan rumah GIIAS tidak terlepas dari posisi strategisnya dalam peta otomotif nasional.

Yohannes Nangoi melihat potensi besar di Jawa Barat, terutama dengan peringkat kedua secara nasional pada periode Januari-September 2023.

Dengan GIIAS, dia berharap industri otomotif semakin dikenal dan diakui oleh masyarakat setempat.

Pada event ini, ppemerintah Provinsi Jawa Barat juga turut memberikan dukungan penuh dengan memberikan diskon pajak sebesar 10%.'

Diskon ini diberikan untuk setiap pembelian kendaraan selama berlangsungnya GIIAS Bandung.

Sedangkan Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik, optimis bahwa pameran ini akan mencapai capaian ekonomi luar biasa sebesar Rp 1 triliun.

BACA JUGA: Dalam Sejarah, Honda Brio Mampu Menggeser Penjualan Toyota Avanza

Membangkitkan Industri Otomotif

"Selain menjadi ajang pameran, GIIAS Bandung juga sebagai wadah untuk membangkitkan kembali gemerlap industri otomotif yang pernah berjaya di Jawa Barat," ujarnya.

Dibagian lain, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufik Bawazier, menyoroti pentingnya mengenang sejarah Bandung sebagai pusat otomotif yang berpengaruh.

Tidak hanya sekadar memamerkan kemewahan otomotif, GIIAS Bandung juga menjadi panggung edukasi. Karena, pendidikan tentang industri otomotif memiliki efek berantai yang luas.

Dalam konteks pertumbuhan sektor otomotif, Dirjen Taufik Bawazier menyajikan fakta menarik bahwa pada triwulan ketiga 2023, sektor otomotif mengalami pertumbuhan 7,3%.

BACA JUGA: Kenapa Pengiriman Honda PCX Lambat, Ini Penyebabnya

Kondisi tersebut, melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 4,9%.

"Ini menjadi bukti nyata bahwa otomotif memegang peranan penting dalam dinamika ekonomi tanah air," katanya.

GIIAS Bandung 2023 tidak hanya menyuguhkan kendaraan mewah dan teknologi terkini, tetapi juga menjadi panggung spektakuler yang menghadirkan kembali gemerlap industri otomotif di Jawa Barat.

Dengan semangat inovasi dan edukasi, GIIAS Bandung merayakan masa depan gemilang otomotif Indonesia. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya