Jawa Timur Hebat! Libas Jawa Barat di Ajang Bangga Berwisata di Indonesia

KLIKNUSAE.com - Prestasi luar biasa telah diraih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam kompetisi video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Kategori Provinsi.

Provinsi Jawa Barat--yang notabene gudang konten kreator video juga dilibas. Provinsi Jabar tak satu pun meraih penghargaan  bergengsi tersebut.

Dalam event pajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu Jawa Timur memang jadi digdaya.

Melalui tema Destinasi Wisata, Event Daerah, dan Kuliner ini, akhirnya Jawa Timur berhasil memboyong tiga penghargaan sekaligus!

BACA JUGA: PHRI Jawa Barat Gelar Direct Promotion di Surabaya dan Malang

Dalam gelaran yang berlangsung sejak Maret hingga Juni 2023, peserta dari seluruh penjuru Indonesia diwajibkan mengirimkan video berdurasi 1 menit.

Dimana dalam video itu  menggambarkan pesona dan potensi wisata serta ekonomi kreatif masing-masing daerah.

Kreativitas dan daya saing tinggi menjadi kunci untuk meraih prestasi gemilang dalam kompetisi ini.

Tidak tanggung-tanggung, Jawa Timur berhasil mengungguli provinsi-provinsi lainnya dalam kategori Destinasi Wisata.

Berada di peringkat pertama, provinsi berjuluk "The East Java" ini mengungguli pesaing tangguh seperti Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

BACA JUGA: Okupansi Hotel di Jawa Barat Terendah Dibanding 5 Kota Besar Ini

Pencapaian Gemilang

Pesona alam, adat istiadat, budaya, religi, sejarah, dan kuliner Jawa Timur berhasil memukau juri serta mengundang decak kagum dari para penonton.

Pencapaian gemilang Jawa Timur tak berhenti di Bangga Berwisata di Indonesia. Dalam kategori Event Daerah, provinsi ini kembali menyita perhatian dengan memenangkan peringkat pertama.

Tidak hanya menghadapi persaingan ketat dari Kepulauan Riau, Bali, Jawa Tengah, dan Sumatera Barat. Namun, Jawa Timur juga menunjukkan kreativitas luar biasa dalam mempromosikan berbagai acara unggulan daerahnya.

Namun demikian, prestasi Jawa Timur tak hanya berfokus pada destinasi wisata dan acara daerah, tetapi juga mencakup kekayaan kuliner khasnya.

BACA JUGA: Aplikasi Inovatif Health Heroes Nutrihunt, Solusi Bijak Konsumsi Pangan di Jawa Barat

Dalam kategori Kuliner, provinsi ini dengan bangga meraih peringkat ketiga, mengungguli provinsi Riau dan Maluku.

Kendati harus mengakui keunggulan Kalimantan Tengah dan Bali, tetapi kelezatan dan keunikan kuliner Jawa Timur tetap mengundang selera banyak orang.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyerahkan langsung penghargaan ini kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono, baru baru ini.

Hudiyono hadir, untuk menghadiri acara tersebut mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

BACA JUGA: Rakerda III DPD PUTRI Jawa Barat Lahirkan Rekomendasi, Apa Saja?

Tidak terbantahkan, keberhasilan ini menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mengembangkan dan mempromosikan seluruh potensi pariwisata yang dimiliki.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan kegembiraannya atas dominasi gemilang yang dicapai oleh Jawa Timur dalam APPI 2023.

Efek Ganda

Dia menekankan bahwa pariwisata merupakan sektor dengan multiplier effect atau efek ganda yang berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Jawa Timur tak pernah berhenti berinovasi untuk memajukan berbagai sektor pariwisata, termasuk wisata alam, adat istiadat, budaya, religi, sejarah, dan kuliner yang khas.

BACA JUGA: Pembangunan MICE di Jawa Barat Lamban, Ini Kendalanya Kata Farid Patria

Dalam menjalankan komitmen menghadirkan 1,2 hingga 1,4 miliar mobilitas wisatawan di tahun 2023, Jawa Timur terus menggelar berbagai event dan meraih kolaborasi aktif dengan para pemangku kepentingan pariwisata lainnya.

Penekanan promosi melalui media sosial dan kanal digital turut menjadi strategi cerdas yang diterapkan oleh provinsi ini guna menarik minat wisatawan untuk "stay" lebih lama di Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono, menegaskan pentingnya promosi pariwisata secara digital dalam era teknologi saat ini.

Strategi video kreatif menjadi andalan Jawa Timur untuk memanjakan mata penonton dan memikat selera mereka dalam menjajal pesona wisata di daerah ini.

BACA JUGA: Rombongan Campervan International Tiba di Sari Ater, Ini Komentarnya

Sungguh luar biasa, Jawa Timur telah menorehkan catatan gemilang dalam APPI 2023, menempatkannya di puncak prestasi di antara provinsi-provinsi lainnya.

Keberhasilan ini menjadi pendorong semangat bagi seluruh pemerintah daerah di Indonesia. Khususnya, untuk terus mengembangkan dan memajukan destinasi wisata serta ekonomi kreatif di wilayah masing-masing.

Selamat dan semoga keberhasilan Jawa Timur terus menginspirasi kemajuan pariwisata Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah. Termasuk, makin banyak masyarakat yang bangga berwisata di tanah air. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya