Pariwisata Kalimantan Timur Bisa Bertahan Karena 4 Cara Ini

KLIKNUSE.com – Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) masih bisa bertahan meski sempat terguncang hebat akibat badai pandemi Covid-19.

Pemerintah daerah, melalui Dinas Pariwisata bergerak cepat untuk menyelamatkan sektor ini agar tidak berdampak meluas sehingga mengakibatkan perekonomian rakyat semakin terpuruk.

“Saat industri pariwisata dibuka lalu ditutup, kemudian pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) terdampak, semuanya kaget. Tapi kita mulai rapatkan barisan, lalu mendekati secara psikologi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni seperti dikutip Kliknusae.com dari Kompas, Sabtu 19 November 2021.

Sri Wahyuni menyampaikan hal tersebut  dalam webinar bertajuk “Human Capacity Development as the Key for Inclusive Tourism” yang berlangsung, Kamis lalu.

BACA JUGA: Pulau Maratua Kaltim Bikin Dubes Slovakia Terkesan, Ini Kata DPD PUTRI

Dalam pendekatan tersebut, Sri mengaku, pihaknya mencoba menguatkan para pelaku industri parekraf agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Beberapa langkah mulai dilakukan pada tiga bulan pertama saat pandemi mulai melanda. Langkah-langkah tersebut yakni:

1. Penyaluran bantuan sosial

Berdasarkan paparan Sri, industri pariwisata Kaltim tutup pada periode April-Juni 2020. Namun, beberapa hotel masih beroperasi dengan staf terbatas.

Rumah makan juga masih buka dengan jam operasional terbatas. Pada saat itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk pelaku industri parekraf.

“Saat reaktivasi pariwisata domestik, kita mulai dorong bagaimana agar ruang publik bisa dibuka,” kata Sri.

BACA JUGA: Menengok Kelurahan Mentawir, Satu-satunya Desa Wisata Kalimantan Timur

2. Industri pariwisata dibuka secara bertahap

Pada Juni-Juli, ruang publik di Kaltim mulai dibuka secara terbatas. Industri pariwisata mulai beroperasi kembali.

Sementara pada Agustus, tempat-tempat wisata mulai dibuka kembali walau kuota kunjungan dan jam operasional dibatasi. Kegiatan staycation juga mulai berjalan.

Lalu pada September-Desember, kegiatan MICE sudah mulai dilakukan secara terbatas di hotel dan tempat wisata.

Memasuki 2021, tepatnya pada Januari-Mei, seluruh tempat wisata masih dibuka kecuali yang dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) di beberapa kabupaten/kota.

Meski demikian, seluruh tempat wisata sempat ditutup kembali pada Juni-Oktober saat PPKM diberlakukan. Namun sejak September hingga kini, semuanya sudah dibuka kembali.

BACA JUGA: Menparekraf Sandiaga Pilih Kolaborasi Ketimbang Berebut Pasar Wisman

3. Pelatihan kepada pelaku parekraf

Selama pandemi Covid-19, Sri mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan survei. Hasil survei tersebut dijadikan bahan untuk pelatihan kepada pelaku parekraf.

Adapun, pelaku parekraf mencakup mereka yang bekerja di hotel, bidang kuliner, biro perjalanan, tempat wisata, sebagai pemandu wisata, anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis), dan pengrajin ekraf.

“Kami juga mendapat dukungan untuk pemulihan industri pariwisata dari Pemprov Kaltim berupa pelatihan tur virtual ke pemandu wisata,” ucap Sri.

“Meski pariwisata belum bisa dibuka untuk wisatawan (pada saat itu), tapi perlu ada penguatan. Peningkatan bagaimana kita melakukan pelayanan pariwisata saat pandemi,” imbuh dia.

BACA JUGA: DPD PUTRI Meyakini Hans Manansang Bisa Membawa Perubahan Baru

4. Pameran dan pemasaran tetap berjalan

Langkah selanjutnya adalah pemasaran pariwisata Kaltim yang tetap berlanjut meski secara virtual. Bahkan, lanjut Sri, pihaknya memberanikan diri untuk membuka Puspita Kaltim secara langsung.

Puspita Kaltim adalah Pusat Informasi Pariwisata Kaltim yang saat ini terletak di dua titik. Titik pertama adalah Bandara APT Pranoto Samarinda. Kemudian di kawasan Legian, Bali.

“Pemasaran di tengah pandemi, kita banyak lakukan kegiatan virtual untuk mendekatkan pariwisata Kaltim dengan wisatawan,” jelas Sri.

“Kita bicara wisata domestik, tapi kita belum banyak memberi informasi. Kalau berkunjung ke Kaltim, mana saja yang bisa dikunjungi,” sambungnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya