Pulau Maratua Kaltim Bikin Dubes Slovakia Terkesan, Ini Kata DPD PUTRI

KLIKNUSAE.com – Pulau Maratua di Kabupaten Bereau, Provinsi Kalimantan Timur membuat Duta Besar (Dubes) Slovakia untuk Indonesia Jaroslav Chlebo terkesan.

Ia mangaku sangat kagum dengan keindahan obyek wisata di pulau tersebut. Alamnya, masih asri dengan ragam flora dan fauna yang menakjubkan.

Dubes Jaroslav menyampaikan kesan tersebut kepada Sekdaprov Kaltim HM Sa'bani saat hadir dalam acara peresmian Rumah Adat Lamin Anjungan Kaltim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, kata HM Sa'bani di Samrinda, Minggu lalu.

BACA JUGA: Hans Manansang Terpilih Menjadi Ketua DPP PUTRI 2021-2026

"Dubes Slovakia mengaku senang dengan keindahan Pulau Maratua. Dia pernah berkunjung ke sana. Dia mengatakan suatu saat dia mau kembali lagi," kata HM Sa'bani.

Sa'bani berharap para Dubes negara sahabat khususnya Dubes Slovakia bersedia melakukan promosi wisata.

Menunggu Tindak Lanjut Kedatangan Investor

Tentu, dengan  mendatangkan investor untuk pembangunan sejumlah obyek wisata yang ada di Kaltim.

Menurut Sa'bani, Jaroslav pernah ke Maratua sebelum pandemi, dan berharap adanya tindak lanjut kerja sama antar dua negara yakni Indonesia - Slovakia khususnya mengarah pada Provinsi Kaltim.

BACA JUGA: Menengok Kelurahan Mentawir, Satu-satunya Desa Wisata Kalimantan Timur

"Kita harapkan mereka bisa berkunjung lagi ke Kaltim dan mau berinvestasi," jelasnya.

Dubes Slovakia untuk Indonesia Jaroslav Chlebo mengatakan, sedikit mengetahui Kaltim. Bahkan pernah ke Maratua sebelum pandemi COVID-19.

"Saya sangat senang ke Kaltim. Maratua pulaunya sangat indah. Semoga pandemi COVID-19 berakhir, kita bisa beraktifitas normal kembali," ungkapnya.

Pulau Maratua disebut sebagai Maldives-nya Indonesia merupakan bagian dari wilayah Pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

BACA JUGA: PLN Kucurkan Dana Rp 24,4 Miliar untuk Pengembangan Desa Wisata

Pulau berbentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan dengan koordinat 2° 15′12″ LU, 118° 38′41″ BT (di bagian batas luarnya).

Di pulau ini terdapat Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.

Ketua DPD PUTRI Kaltim Dian Rosita (Kiri) bersama Ketua DPD Jawa Barat Heni Smith. (Foto: Istimewa)

Pulau Maratua memiliki keelokan alam dan bawah laut yang luar biasa. Terumbu karang yang indah bertipe fringing Reef.

Kemudian, ada dominasi padang lamun dengan jenis Halodule Uninervis beraneka ragam jenis ikan juga turut menemani wisatawan yang pergi menyelam.

BACA JUGA: DPD PUTRI Meyakini Hans Manansang Bisa Membawa Perubahan Baru

Tak heran jika banyak penyelam mengatakannya sebagai surganya para penyelam.

Pulau Maratua memiliki banyak spot diving, diantaranya Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel spot.

Sementara itu, Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kalimantan Timur Dian Rosita mengemukakan  bahwa selain Pulau Maratua, Kaltim memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikelola untuk wisatawan berskala internasional.

“Tinggal, bagaimana sinergitas pelaku pariwisata dengan stakeholder, termasuk pemerintah daerah bisa makin ditingkatkan,” katanya. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya