DPD PUTRI Meyakini Hans Manansang Bisa Membawa Perubahan Baru

KLIKNUSAE.com – DPD PUTRI meyakini Hans Manansang bisa membawa perubahan baru setelah terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPP PUTRI) periode 2021-2026.

Hans menghadapi tantangan yang tidak ringan dalam melakukan re-organisasi sekaligus mendorong kebangkitan pariwisata tanah air.

“Saya melihat pak Hans, bisa memberikan warna baru dalam organisasi yang sempat mati suri ini. Mendorong bergeraknya kembali mesin organisasi di daerah-daerah,” kata Ketua DPD PUTRI Jawa Barat Heni Smith kepada Kliknusae.com, Jumat 12 November 2021.

BACA JUGA: Hans Manansang Terpilih Menjadi Ketua DPP PUTRI 2021-2026

Heni juga mengapreasiasi kepengurusan lama dibawah kepemimpinan Bambang Soetanto yang mampu mempertahankan eksistensi PUTRI sehingga memasuki usia yang ke-44. PUTRI sendiri berdiri pada 10 November 1977.

“Hormat kami kepada pak Bambang yang sudah membawa PUTRI hingga hari ini,” tambah Heni.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD PUTRI Yogyakarta Kanjeng Gusti Ratu (KGR) Bendara bahwa tantangan ke depan pasca pandemi masih membayangi sektor pariwisata.

Untuk itu dibutuhkan kekompakan semua pelaku industri pariwisata. Utamanya, dalam upaya membangkitkan kembali pariwisata di tanah air.

BACA JUGA: Wisata Vaksin ‘Jalanin’ PUTRI Jabar Dapat Respon Tinggi dari Peserta

“Sosok pak Hans, kami harapkan bisa menjadi motor penggerak ke depan untuk mengupayakan anggota di daerah-daerah memiliki keterwakilan di pusat,” kata Bendara.

Ketua DPD PUTRI Yogyakarta, Kanjeng Gusti Ratu Bendara (kiri) bersama Ketua DPD Jawa Barat Heni Smith. (foto: istimewa)

Sementara itu, Ketua DPD PUTRI Kalimatan Timur Dian Rosita mengemukakan selama ini banyak regulasi pemerintah pusat terkait dengan pariwisata.

“Kami, sangat berharap kebijakan-kebijakan pemerintah pusat lebih cepat tersosialisasi ke daerah  melalui DPP,” harapnya.

Hans Manansang Terpilih Lewat Mekanisme Voting

Sebagaimana diketahui Hans Manansang terpilih melalui mekanimse voting (pemungutan suara) dalam Munas  yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, Rabu malam 10 November 2021.

BACA JUGA: DPR RI Janjikan Stimulus Untuk PUTRI Sampai Sasaran

Direktur Taman Safari Indonesia (TSI) mengungguli calon lainnya Teuku Sahir Syahali (Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol dengan suara 34-14.

Ada 48 suara sah yang diperebutkan kedua calon. Suara-suara tersebut berasal dari 7 suara  DPP dan sisanya dari DPD yang hadir di acara Munas.

Empat suara DPP akhirnya memilih bergabung dengan DPD yang mayoritas menghendaki Hans sebagai Ketua DPP.

Dalam sambutan serah terima kemimpinan PUTRI, Hansa Manansang menyampaikan terima kasih kepada para anggota PUTRI yang memberikan kepercayaan dirinya untuk memimpin PUTRI lima tahun mendatang.

BACA JUGA: Ketua DPP PUTRI, Bambang: Heni Smith Bisa Membawa Wisata Jabar Maju

“Terima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya untuk membawa PUTRI jauh lebih baik di masa yang akan datang,” katanya.

“Kemarin kita baru melewati Hari Pahlawan dan saya yakin teman-teman semua adalah pejuang pariwisata, jadi bagian dari Pahlawan-pahlawan,” sambungnya.

Enam Program DPP PUTRI ke Depan

Hans melanjutkan, ada enam  program yang disusun dan direalisasikan,  salah satunya menjadikan  taman rekreasi sebagai destinasi masa depan.

BACA JUGA: DPP PUTRI Dorong Pemerintah Daerah Perbaiki Infrastruktur Pariwisata

“Saya sudah mengusung enam program unggulan yang bisa dijalan lima tahun kedepan. Mulai dari konsolidasi internal, sinergi dan komunikasi,” ungkapnya.

Disamping itu, juga  meningkatkan standar mutu. Sedangkan  ke eksternal sendiri  akan menjadikan PUTRI sebagai destinasi masa depan.

“Selain itu, kita juga akan mempererat hubungan dengan aparat pemerintahan pada masa pandemi ini,” kata Hans.

Tak lupa, Hans juga akan meneruskan program yang dijalankan Ketua Umum periode 2016-2021, seperti sertifikasi sumber daya manusia untuk taman rekreasi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi taman rekreasi kecil maupun besar.

BACA JUGA: DPD PUTRI Jabar Minta Ada Satu Suara Saat Penutupan Destinasi

“Saya rasa sama ya, dengan apa yang disampaikan Pak Bambang. Mungkin kalau taman wisata yang kecil isunya masih di infrastruktur, masih di standar mutu,” ujarnya.

Begitu pun,  di taman rekreasi yang besar isunya lebih di marketing  atau branding.

“Dua-duanya memerlukan sikap dan penanganan yang berbeda, tentunya kita harus memperhatikan semuanya baik yang kecil supaya bisa tumbuh  dan yang besar juga bisa tetap sukses,” ujarnya.

Hans pun menyatakan kesiapannya menerima masukan dari DPD untuk permasalahan yang dihadapi daerah dan menyelesaikan secara bersama-sama, khususnya soal keanggotaan PUTRI.

“Sepanjang Munas, saya banyak mendengar input dari teman-teman,  apa yang diharapkan dan bagaimana PUTRI bisa menjadi added value buat anggotanya, sehingga anggota saat masuk akan mendapatkan suatu hal yang luar biasa dan juga banyak lagi yang ingin bergabung dengan PUTRI,” tutup Hans.

Munas yan berlangsung pada tahun ini bertepatan dengan HUT berdirinya PUTRI.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya