Jangan Lewatkan Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur!

Kliknusae.com - Dalam rangka edukasi dan mengenang peristiwa sejarah pelayaran jalur rempah Nusantara, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar event bertajuk Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) 2019. Event akan berlangsung 26 - 31 Agustus 2019 di kawasan Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Manggar.

JPJR 2019 ini menggambarkan tentang Kejayaan Maritim Indonesia dengan menjadikan Belitung Timur sebagai salah satu daerah yang memiliki posisi strategis dalam perdagangan Dunia. Sebagai salah satu daerah penghasil rempah diantaranya sahang (lada), sepang, dan aneka rempah, yaitu kumbek, kunyit, daun bangek, renggadain, asam kandis, menderai, dan kayu manis.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi, perihal Beltim masuk dalam jalur pelayaran rempah sudah melalui proses kajian secara keilmuan dalam kaitan sejarah maritim Nusantara.

"Kajian itu dilakukan bekerjasama dengan Kementrian Kelautan dengan arkeologi nasional, jadi dari laut sampai darat sudah ditemukan bukti-bukti bahwa Beltim merupakan bagian jalur perdagangan dunia pada masa lalu. Nah untuk event bagaimana kami mengemas hasil kajian tersebut menjadi suatu event yang memiliki edukasi terkait sejarah dan budaya tersebut," papar Evi, Rabu (7/8/2019), dikutip dari laman posbelitung.co.

Event yang akan digelar selama 6 hari ini dimeriahkan ragam rangkaian acara sebagai berikut :

26 Agustus 2019 : Heritage Trail "Menjejaki Warisan Sejarah Bukit Samak"

27 Agustus 2019 : Lomba Rudat, Lomba Rebana, Lomba Hadrah, Lomba Losong Panjang, "Malam Enterpreneurship Jalur Rempah"

28 Agustus 2019 : Lomba Berebut Lawang, Lomba Ngelasak, Lomba Masakan khas Daerah, Lomba Musik dan Tari

30 Agustus 2019 : Aksi Bersih Pantai, Lomba Perahu Tradisional (Bekater), Dialog sejarah "Belitung Timur dalam Sejarah Maritim Jalur Rempah Dunia".

31 Agustus 2019 : Puncak Acara "1001 Gelas Teh Pelawan, Pesona Negeri Kepulauan"

- Pentas Tari Kolosal "Jelajah Negeri Maritim Rempah"

- Pelepasan Tukik

- Parade Perahu Tradisional Kater

- 1001 Gelas Teh Pelawan

- Grand Launching

*Branding Pariwisata Belitung Timur "Inspiring Belitung Timur"

*Event Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) Belitung Timur

Pameran Produk Olahan Rempah Belitung Timur (26-31 Agustus 2019)

Dimeriahkan penampilan Steven CoconuTTree.***

 

(IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya