Menikmati Keindahan "Surga" Pulau Belitung di Tengah Pandemi

BELITUNG, Kliknusae.com - Andrea Hirata, adalah sosok sentra bagi kebudayaan dan pariwisata Kepulauan Belitung. Melalui film Laskar Pelangi yang disadur dari novel legendarisnya itu, Belitung menjadi semakin dikenal masyarakat luas di Indonesia.

Belitung memang kaya akan keindahan pantai dan alamnya.  Sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera Indonesia, yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata itu menyanjikan keindahan tersendiri.

Kliknusae.com, Kamis, (24/09/2020) berkesempatan kembali ke Pulau Belitung dalam suasana yang berbeda. Berbeda karena saat ini sedang dalam masa pandemi corona.

Namun demikian, Belitung seakan tidak kehilangan "sorga"-nya. Justru beberapa pantai saat ini terlihat makin bersih dengan belum ramainya pengunjung.

Bagi kalian yang suka traveling ini saatnya berkunjung ke Kepulauan Belitung. Tapi, tetap dengan protokol kesehatan ya. Jangan lupa pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak.

Sebelum ke Pulau Belitung, pastikan kalian sudah mencari informasi dan lokasi mana saja yang akan dikunjungi, lalu pastikan pula kalian sudah mempersiapkan transportasi, hotel, dan lokasi wisata yang akan kalian explore.

Berikut ini rekomendasi destinasi surga wisata Pulau Belitung.

  • Pantai Nyiur Melambai
Pantai yang berada tidak jauh dari kawasan Bukit Samak ini menyajikan suasana yang asri dengan pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya. Inilah Pantai Nyiur Melambai, pantai berpasir putih yang memiliki pemandangan indah di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Begitu menginjakan kaki di Pantai Nyiur Melambai, pengunjung akan disambut pasir putih yang lembut. Sejuknya angin yang bertiup di pantai ini membuat suasana nyaman begitu terasa.

Berjalan di pinggir pantai sambil sesekali merasakan hangatnya air laut sejenak membuat lupa kepenatan rutinitas sehari-hari.

Pemandangan hijaunya pepohonan di Bukit Samak bisa dilihat di sebelah kiri Pantai Nyiur Melambai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan para pemancing yang berjajar di pinggir pantai.

Di sekitar pantai ini, juga terdapat panggung yang sering menggelar pertunjukan kesenian khas Belitung. Selain itu, ada pula sarana wall climbing yang dapat digunakan pengunjung yang memiliki hobi memanjat.

Lelah menikmati suasana pantai, pengunjung dapat menikmati kuliner yang dijajakan kedai-kedai yang berada di sekitar Pantai Nyiur Melambai.

Buat yang penasaran dan ingin mencicipi makanan khas Belitung seperti gangan dan mie Belitung, dapat menikmatinya di kedai-kedai ini.

Satu hal lagi, Sunrise di Pantai Nyiur Melambai ini, sungguh luar biasa.

  • Pantai Burung Mandi
Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Belitung Timur. Warga menyebutnya Pantai Burung Mandi atau sebutan khas warga lokal Burong Mandi. Kalian akan disuguhkan panorama indah laut biru berombak tenang dan pemandangan ceria warna warni kater atau perahu nelayan yang dilengkapi 'tangan'.

Uniknya, lokasi berada di kaki bukit yang sama namanya dengan pantai yaitu Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

"Disini, ramainya pada sore hari," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Iphan Oktoriady.

Daerah terdekat dengan pantai Burung Mandi ialah Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Berjarak sekitar 18 kilometer atau jarak tempuh perjalanan darat sekitar 20 menit.

Pantai Burung Mandi berbeda dengan pantai umumnya di Belitung Timur. Pantai ini tidak memiliki granit.

Jelang petang, sejumlah wisatawan biasa duduk santai beralas kursi kayu di pesisir pantai. Sebagian lagi berkumpul di dalam gazebo.

Cukup mengasyikan untuk mengobrol sambil menatap pesona hamparan pasir putih dan pepohonan kelapa di sepanjang pantai.

  • Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang memang sering dijadikan persinggahan bagi para turis yang ingin mengunjungi pulau-pulau kecil disekitarnya. Meski begitu, pantai yang terletak di Kecamatan Sijuk ini juga tak boleh dilewatkan.

Jaraknya cukup dekat dengan ibu kota Kabupaten Belitung, Tanjung Pandan, yakni sekitar 27 kilometer. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan darat. Sesuai namanya, pantai Tajung Kelayang merupakan semenanjung yang menjorok ke arah utara.

Garis pantainya membentang sepanjang 4 kilometer hingga ke pantai Tajung Tinggi di sisi timur. Pantainya yang luas serta tekstur pasir halus menjadikan Tanjung Kelayang tempat yang cocok untuk berjalan kaki santai atau sekadar berbaring sambil menikmati semilir angin. Lautnya pun tidak kalah memukau.

Gradasi air laut berwarna bening kehijauan di tepi pantai yang dangkal perlahan-lahan menjadi warna biru gelap. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu tinggi.

Karena itulah banyak pengunjung tak segan-segan untuk berenang. Deretan batu granit raksasa Layaknya pantai lain di Belitung, pantai Tanjung Kelayang pun memiliki deretan batu granit raksasa di beberapa sudutnya.

Misalnya, tumpukan batu granit yang berada tepat di ujung tanjung. Bagi yang berani, cobalah naik ke salah satu batu untuk melihat seluruh pemandangan Tanjung Kelayang.

  • Pulau Burung

Dan yang banyak dikunjungi selanjutnya adalah pulau burung, dinamakan pulau burung karena batu yang terlihat dari pulau ini menyerupai seperti burung dan bagus juga untuk menjadi spot foto kalian agar terlihat cantik.

Berkunjung ke beberapa pulau tersebut memakan biaya Rp 500 ribu - 900 ribu, biaya tersebut hanya untuk sewa boat dan alat snorkeling, satu boat bisa memuat 15 sampai 20 orang. Lalu sampainya di pulau tidak ada lagi memakan biaya alias gratis. Kecuali kalian ingin membeli barang atau makanan.

  • Pantai Tanjung Pendam
Yang terakhir adalah pantai Tanjung Pendam yang terletak di Tanjung Pandan pusat Kota Belitung. Tempat ini menjadi sasaran kunjungan warga Belitung yang ingin bersantai, berolahraga, dan menikmati senja di pinggir pantai. Selain menikmati suasana pantai dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, pengunjung juga dapat menikmati suasana taman hiburan yang ada di sekitar pantai.

Untuk para wisatawan yang berlibur ke Pulau Belitung biasanya akan menghabiskan hari akhir liburannya di pantai Tanjung Pendam ini.

Harga masuk Tanjung Pendam sangat terjangkau. Dari mulai 3000 ribu untuk kendaraan bermotor dan 5000 ribu untuk kendaraan bermobil. (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya