Ketua Kadin Kota Banjar Ditantang Bisa Mengembangkan Sektor Pariwisata

KLIKNUSAE.com – Ketua Kadin Kota Banjar yang baru terpilih ditantang bisa mengembangkan sektor pariwisata sebagai “peluru” untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan ini.

“Saya menawarkan kepada Kadin untuk berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Banjar. Terutama,  untuk mengembangkan destinasi yang ada di Kota Banjar,” kata Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati saat membuka Mukota IV Kadin Kota Banjar Tahun 2024, Sabtu 27 April 2024.

Pengembangan destinasi yang dimaksud diantaranya, pembangunan Banjar Water Park serta Situ Leutik.

“PAD Kita hanya 750 Milyar, 68% habis untuk belanja pegawai serta anggaran kebencanaan. Untuk itu, saya berharap sinergi dan kolaborasi untuk menambah PAD Kota Banjar,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Usulkan Jalur KA Banjar-Pangandaran Dibuka Kembali

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota juga mengajak Kadin Kota Banjar untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi UMKM Kota Banjar.

Menurutnya, produk UMKM Kota Banjar sudah cukup baik, namun mereka memerlukan bantuan modal serta pemasaran.

“Kota Banjar sudah memiliki batik khas serta produk makanan, namun mereka kekurangan modal. Untuk itu, ke depan, Kadin bersama-sama dengan Pemerintah Kota mengembangkan ekonomi di Kota Banjar,” katanya.

BACA JUGA: Banjar Berpotensi Jadi  Tourism Hub Transit

Dipilih Secara Aklamasi

Seperti diketahui, Erman Hendrawan, terpilih sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu 27 April 2024.

Erman dipilih untuk menggawangi asosiasi para pengusaha melalui mekanisme Musyawarah Kota (Mukota) IV Kadin Kota Banjar Tahun 2024, di Ruang Rapat Singaperbangsa, Kantor DPRD Kota Banjar.

Ia menggantikan ketua lama H.Asep Nugraha untuk periode 2024-2029 dalam pemilihan yang ditentukan secara aklamasi.

Bersamaan dengan itu Erman pun langsung dilantik oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Komunikasi Kadin Indonesia, Yayat Supriatna disaksikan Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara.

BACA JUGA: Rombongan PHRI Menelusuri Rute Kereta Bandung-Banjar

Lalu, apa visi dan misi, Erman dalam kepengurusan mendatang.

“Setelah kepengurusan Kadin Kota Banjar terbentuk, kami akan langsung bekerja untuk memajukan sektor ekonomi wisata dan menggaet para investor,” tegasnya.

Erman mengatakan, kepengurusan Kadin yang baru ini tentunya akan bersinergi dengan Pemerintah Kota Banjar, guna memajukan pembangunan daerah.

Salah satu visi kepengurusan baru ke depan, yaitu membangun Kota Banjar sebagai pusat agropolitan yang berkembang dan berkelanjutan.

BACA JUGA: Wisnu Ke Banjar Naik 100 Persen Sejak KA Pangandaran Diluncurkan

Pengembangan Sektor Ekonomi

Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan ekonomi pariwisata dan sektor jasa yang masih memilih potensi yang cukup besar.

Sementara itu untuk mendorong pengembangan sektor ekonomi, pihaknya akan menggandeng para investor untuk meningkatkan daya saing ekonomi daerah.

“Kita akan mencari investor yang akan bekerja sama, untuk bisa mengelola dan mengembangkan wisata di Banjar. Tujuannya supaya bisa lebih berkembang,” ungkap Erman.

BACA JUGA: Ketua Umum Kadin Mendatang Harus Mampu Bersinergi, Hari Ini Pendaftaran

Ditempat yang sama Ketua Kadin Jawa Barat Cucu Sutara berpesan supaya pengurus baru Kadin Kota Banjar bisa segera bekerja untuk mendorong berbagai sektor ekonomi di kawasan ini tumbuh lebih cepat.

“Banyak berbagai tantangan yang akan dihadapi ke depan. Oleh sebab itu, saya tegaskan agar teman-teman di Kota Banjar, bisa mencermati segala perubahan global yang terjadi saat ini,” pesannya.

Sedangkan kepada ketua lama, Cucu menyampaikan apresiasi karena selama ini Kadin Banjar sudah memiliki andil dan berkontribusi besar kepada jalannya Pembangunan di Kota Banjar.

BACA JUGA: Ethiopia Jajaki Pembukaan Chater Flight ke Bali, Kadin Sambut Baik

Masih kata PJ Wali Kota Banjar, bahwa dirinya akan selalu menggandeng Kadin dalam setiap kebijakan.

Khususnya, yang menyangkut pengembangan Kota Banjar, baik dari sisi Pembangunan fisik, sosial dan ekonomi.

Ida berkomitmen untuk ikut memajukan Kadin Kota Banjar dengan meningkatkan kolaborasi serta kerja sama untuk memajukan pariwisata di Kota Banjar. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya