Kemenparekraf Buka Peluang Diskusi dengan Pelaku Ekraf Kepulauan Seribu

KLIKNUSAE.com – Kementerian Pariwisata membuka ruang diskusi dengan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu DKI Jakarta.

Inisitif ini merupakan bagian dari guna menyerap aspirasi dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam mengembangkan usaha sektor ekonomi kreatif.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan bahwa Kepulauan Seribu telah melalui proses Uji Petik PMK3I. Dan berhasil terpilih subsektor film, animasi, dan video sebagai unggulannya.

BACA JUGA: Wah, Kepulauan Seribu Punya Kapal Pesiar Baru Bernama Agustine Phinisis untuk Wisatawan!

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat hadir dalam acara Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif yang berlangsung di Resto Lapan Toejoe di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Sabtu 17 Agustus 2024 lalu.

Kendati demikian, ada beberapa masukan dari pelaku ekonomi kreatif di Pulau Pramuka. Yakni, mereka menginginkan adanya dukungan di subsektor ekonomi kreatif lainnya.

"Atas masukan beberapa pelaku yang menginginkan Hak Kekayaan Intelektual. Juga ada bantuan promosi dan terakhir ada keinginan creative hub. Sehingga produk-produk ini bisa dipasarkan dengan lebih menarik," ujar Sandiaga.

BACA JUGA: Menyelami Keindahan Kepulauan Seribu, Gugusan Permata Cantik Dekat Jakarta

Penyerapan Tenaga Kerja

Sementara itu, penyerapan tenaga kerja juga menjadi persoalan di Pulau Pramuka. Karenanya, Sandiaga berharap para pelaku usaha dapat menghadirkan inovasi.

Khususnya, dari potensi sumber daya alam yang dimiliki, salah satunya sukun.

Menurutnya, kuliner sukun di Pulau Pramuka sangat lezat dan dapat dikreasikan menjadi aneka produk.

BACA JUGA: Plesiran ke Kepulauan Seribu, Ada Diskon Kapal Hingga 50 Persen

"Dari segi kulinernya ini ada ruang untuk dikembangkan. Saya juga melihat ada sekelompok orang naik jetski 1,5 jam dari Jakarta hanya untuk mencicipi kulinernya,” ungkapnya.

“Ini berarti daya tarik kulinernya sangat luar biasa," sambung Sandiaga.

Sedangkan, dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga mengajak masyarakat DKI Jakarta untuk berwisata ke Kepulauan Seribu. Apalagi, jarak yang ditempuh masih relatif terjangkau.

BACA JUGA: 7 Resort di Pulau Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi. Cantiknya Kebangetan!

"Jadi biasanya kalau warga Jakarta berwisatanya ke gunung, sekali-sekali juga bisa mencoba ke Pulau Pramuka. Karena di sini tim diving-nya sangat kuat, ada wisata edukasinya juga," ujar Sandi.

Hadir mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hariyanto.

Serta, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Oneng Setya Harini. ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya