Peringatan! Google Akan Hapus Akun Gmail, Amankan dengan Cara Ini

KLIKNUSAE.com - Bagi kalian yang jarang mengakses akun Gmail atau Google Foto, waktunya untuk berhati-hati. Google baru-baru ini mengumumkan kebijakan untuk menghapus akun yang tidak aktif .

Terutama, selama periode yang cukup lama, dan perubahan ini akan mulai berlaku pada Desember 2023.

Artinya, waktu yang Anda miliki hanya beberapa pekan lagi.

Kebijakan ini menandakan bahwa beberapa orang mungkin akan kehilangan akses ke layanan kunci dan data pribadi mereka dalam waktu singkat.

BACA JUGA: Kini Google Gratiskan Meet Untuk Semua Orang

Kecuali mereka segera mengambil tindakan. Google mengklaim bahwa apabila akun Google tidak digunakan atau login selama minimal dua tahun, Google berhak menghapus akun beserta kontennya.

Termasuk data dalam Google Workspace (seperti Gmail, Dokumen, Drive, Meet, dan Kalender) serta Google Foto.

Perubahan ini, yang telah diumumkan pada awal tahun ini, memerlukan perhatian serius. Google akan mengirimkan email pemberitahuan kepada pengguna yang terkena dampak kebijakan ini. Sehingga, penting untuk tidak mengabaikannya.

BACA JUGA: Ketertarikan Pencarian Mancanegara ke Jabar Versi Google Hanya 1 Persen

Mengapa Google mengambil tindakan ini? Alasannya adalah bahwa akun lama yang tidak aktif sering menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan online.

Dan ini dapat meningkatkan risiko keamanan bagi semua pengguna internet.

Akun Gmail yang terbengkalai bisa menjadi pintu masuk bagi berbagai aktivitas jahat, termasuk pencurian identitas, penyebaran konten yang tidak diinginkan.

Atau bahkan berbahaya seperti spam. Google menjelaskan jika akun tidak digunakan dalam waktu yang lama, kemungkinan besar akan menjadi target peretasan.

BACA JUGA: Tim Google Disemprot Warga, Main Potret Rumah untuk GSV Tanpa Izin

Menggunakan kata sandi lama

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa akun yang terbengkalai atau tidak aktif sering kali menggunakan kata sandi lama. Atau  kata sandi yang sama yang mungkin sudah diretas.

Selian itu, tidak memiliki otentikasi dua faktor, dan menerima sedikit perhatian keamanan dari pemiliknya.

Untuk menghindari risiko kehilangan akun dan data Anda, segera lakukan tindakan. Sederhana dan tidak terlalu jelimet kok.

BACA JUGA: Google Digugat Pemerintah Gara-gara Monopoli Iklan Online

Seperti membaca atau mengirim email, menonton video YouTube, menggunakan Google Drive. Bisa juga dengan mengakses berbagai layanan Google.

Cara ini bisa membantu memberi tahu Google bahwa akun Anda masih aktif dan digunakan secara teratur.

Jadi, jangan tunggu sampai terlambat, pastikan Anda mengambil langkah-langkah ini untuk menjaga akun dan data Anda tetap aman. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya