Pembalap MotoGP 2022 Jajal Lapangan Mandalika Sebelum ke Qatar

KLIKNUSAE.com – Pembalap MotoGP 2022 akan menjajal lapangan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sebelum bertarung di Qatar.

Sebagaimana diketahui,kKejuaraan Dunia MotoGP 2022 akan berlangsung pada bulan depan. Namun, sebelum seri pertama MotoGP 2022 yang direncanakan berlangsung di Qatar, para pebalap lebih dulu menjalani dua tes pramusim di Sepang (Malaysia) dan Mandalika (Indonesia).

Jadwal tes pramusim MotoGP 2022 di Sepang, Malaysia, bakal digelar di Sepang International Circuit, pada akhir pekan ini atau tepatnya 5-6 Februari.

BACA JUGA: Gelaran MotoGP Mandalika 2022 Tetap Berlangsung, Pemerintah Siapkan Travel Bubble

Tes pramusim kemudian dilanjutkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, pada 11-12 Februari 2022.

Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan bakal berpartisipasi dalam tes pramusim, baik di Sepang maupun Mandalika.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh tim Repsol Honda, sebagaimana dilansir Kompas.com dari situs resmi MotoGP.

Kondisi Marc Marquez

Sebelumnya, Marc Marquez sebagai salah satu pembalap MotoGP 2022 sempat diragukan bisa mengikuti tes pramusim MotoGP 2022. Alasannya, karena masih menderita cedera diplopia atau penglihatan ganda.

BACA JUGA: Akan Ada Taksi Helikopter dan Jet Pribadi di Mandalika Lombok

Namun, Repsol Honda sudah memastikan Marc Marquez telah pulih dan mendapat izin dari tim dokter untuk mengikuti kedua tes pramusim MotoGP 2022.

"Senin 24 Januari, Marquez menjalani pemeriksaan medis lagi yang menegaskan bahwa perawatannya telah sukses total dan juara dunia delapan kali itu dalam kondisi layak untuk mengendarai motor MotoGP," bunyi isi pernyataan Repsol Honda.

"Oleh karena itu, telah diputuskan bahwa Marquez akan memulai musim 2022 pada tes MotoGP resmi di Sepang sebelum menuju ke Mandalika, Indonesia, pada minggu berikutnya," demikian pernyataan Repsol Honda.

BACA JUGA: Demi Fasilitas Sirkuit, RS Mandalika Jadi Prioritas Utama Pembangunan di NTB

Kembalinya Marc Marquez dalam kondisi fit patut dinantikan. Musim lalu, saat kebugaran fisiknya belum sempurna pasca-cedera panjang, rider asal Spanyol itu mampu meraih tiga kemenangan.

Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, pun menilai Marc Marquez bisa bersaing untuk gelar juara MotoGP 2022 apabila kondisinya fit 100 persen dan memiliki motor yang kompetitif.

"Mungkin untuk menilai level Marc Marquez yang sebenarnya kita harus menunggu hingga musim semi," kata Carlo Pernat.

BACA JUGA: NTB Kebut Mandalika Hingga Ajak Milenial Ikut Pulihkan Pariwisata

"Akan tetapi, jika dia kembali seperti sebelumnya dan motornya kompetitif, kita akan melihatnya bertarung setiap sesi balapan," ujarnya.

Rangkaian MotoGP 2022 akan dimulai di Qatar pada 4-6 Maret 2022. Kemudian, MotoGP Indonesia di Mandalika yang merupakan seri kedua dijadwalkan berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Jadwa tes pramusim MotoGP 2022

  • Sirkuit Sepang, Malaysia (5-6 Februari)
  • Sirkuit Mandalika, Indonesia (11-12 Februari). ***

Sumber: Kompas

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya