Demi Fasilitas Sirkuit, RS Mandalika Jadi Prioritas Utama Pembangunan di NTB

MANDALIKA - Kliknusae.com - Pemerintah pusat menyetujui proyek pembangunan di provinsi NTB. Proyek-proyek tersebut yakni Rumah Sakit (RS) Mandalika, penyempurnaan Science Techno Industrial Park (STIP), dan NTB Hijau.

Proyek tersebut telah disetujui saat Rapat koordinasi (Rakor) Gubernur NTB dan gubernur se-Sulawesi secara virtual  dari ruang kerja kantor gubernur NTB, Selasa (23/2). Dilansir dari Lombok Post, berkenaan dengan event MotoGP yang rencananya digelar tahun ini, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengatakan pembangunan rumah sakit harus diprioritaskan karena letaknya yang berdekatan dengan sirkuit. Alasannya, gelaran tersebut memiliki resiko kecelakaan yang tinggi sehingga perlu penanganan cepat.

Dirinya melanjutkan, alasan dipercepatnya pembangunan RS Mandalika ini tak lain atas perintah Jokowi yang disampaikan melalui Kemenpakraf Sandiaga Uno, saat berkunjung ke Mandalika Resort. Dengan tujuan akhirnya agar pelaksanaan MotoGP ini bisa terlaksana tahun ini dan menghadirkan penonton yang banyak.

"Karena itu segala fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan MotoGP ini termasuk pembangunan RS Mandalika juga bisa dipercepat," kata Zulkieflimansyah dilansir dari Lombok post.

Selain itu, orang nomor satu di NTB ini mengusulkan pembangunan NTB Hijau, yakni program reboisasi kawasan hutan yang kritis akibat eksploitasi. NTB Hijau Diharapkan nantinya akan mempermudah sumber air bagi masyarakat sekitar.

Lalu, program penyempurnaan Science Techno Industrial Park (STIP) diharapkan mampu membantu daya saing ekonomi kreatif di NTB.

"Bukti keberhasilan tersebut saat ini telah mampu mendorong lebih dari 5000 UMKM dengan produk-produk industri yang sudah berkembang pesat. Mudah-mudahan dengan banyaknya inkubator bisnis ini akan menghasilkan UMKM-UMKM yang menghasilkan daya saing ekonomi, sehingga bisa lebih kompetitif dan berdaya saing di masa yang akan datang,"  kata Zulkieflimansyah.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya