Digitalisasi Pelaku UMKM Sering Munculkan Kekhawatiran, Ini Solusinya

KLIKNUSAE.com – Digitalisasi pelaku UMKM kerap menjadi bayang-bayang kekhawatiran. Mereka beranggapan mempersiapkan infrastruktur seperti membuat website toko memerlukan biaya tinggi.

Padahal tidak demikian, sebab saat ini untuk melakukan pemasaran melalui media online, baik website, dan media sosial cukup mudah dan relatif murah.

Salah satu yang sekarang hadir adalah yaitu 'Wordpress Hosting' dari IDCloudHost yang harganya sangat terjangkau.

“Layanan ini merupakan terobosan, dengan harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 5.000,- perbulan. Antarmukanya juga mudah", ungkap Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IDCloudHost dalam keterangannya, Minggu 30 Januari 2022.

BACA JUGA: Peran Wanita UMKM Bali Patut Diapresiasi, Ini Kata Sandiaga Uno

Piranti ini, lanjut Alfi, bisa mengatasi masalah digitalisasi UMKM yang seringkali menjadi kendala, seperti biaya dan cara penggunaan yang biasanya sulit dan lama.

Memiliki Toko Online Sendiri

Alfi mengatakan, dengan website atau toko online sendiri, para pelaku UMKM bisa memiliki etalase produk, situs profil usaha portfolio hingga menjadi portal media.Dengan cara ini, dapat meraup penjualan.

IDCloudhost sendiri menyediakan solusi digitalisasi UMKM, berupa layanan self-hosted Wordpress yang praktis.

“Lebih menarik lagi, dengan layanan ini membuat semua orang, terlebih pelaku UMKM dapat membuat landing page, website atau toko online sendiri secara cepat, cukup dalam waktu 5-10 menit saja," tambah Alfi.

BACA JUGA: Tantangan Industri Kreatif Fesyen Muslim, Disebutkan Angela Adaptasi Digitalisasi

Lebih luas, para blogger, startup dan wordpress developer pun dapat menikmati layanan web developer ini.

Dikatakannya, layanan Web Instant langsung aktif 5 menit setelah pembayaran. Dapat disimpulkan bahwa selain enteng di kantong, layanan yang user friendly dengan interface/antarmuka yang mudah dilengkapi pelayanan customer ser

"Menjadi tugas kami bagaimana layanan ini dapat dimanfaatkan dan berperan membantu pemerintah meningkatkan angka pelaku UMKM Digital di Indonesia,” katanya terkait digitalisasi pelaku UMKM

BACA JUGA: Peran Penting Perempuan Dalam Membangkitkan Sektor UMKM

“Harapannya,  dalam rangka digitalisasi umkm, ini dapat membantu teman - teman wirapreneur meningkatkan kinerja dan laba usahanya,” sambung Alfi.

WordPress juga telah didukung oleh Sistem Anti DDOS yang akan menjamin keamanan.

Dukungan teknologi terbaru seperti SSD dan Litespeed Enterprise yang akan menjamin situs web tetap stabil walaupun ada ribuan pengunjung.

Dengan begitu, digitalisasi UMKM akan menjadi lebih kuat dan sustainable.

"Bagaimana anak bangsa dapat mendukung Digitalisasi UMKM sejalan dengan program Presiden Jokowi dalam mewujudkan 30 juta UMKM Go Digital hingga tahun 2024, adalah apa yang coba kami hadirkan saat ini,” pungkasnya.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya