Brand Makanan Hewan Ini Mengandung Racun, Sebabkan Kematian

KLIKNUSAE.com – Brand makanan hewan satu ini dinilai mengandung racun. Akibatnya, tak sedikit hewan peliharaan mati.

Kabar menyedihkan itu datang dari Amerika Serikat. Ada sekitar 130 anjing peliharaan tiba-tiba bergelimpangan dan tak bisa diselamatkan.

Sementara tak kurang dari 220 hewan peliharaan lainnya menderita sakit cukup parah.

Seperti dikutip Kliknusae.com dari laman New York Times, brand makanan hewan yang sedang diselidiki Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat tersebut adalah Midwestern.

BACA JUGA: Burung Macaw Yang Memukau Peserta Campervan Indonesia di Ciater

Berdasarkan laporan FDA, produk makanan kucing dan anjing Sportmix yang diproduksi oleh Midwestern Pet Foods itu ternyata mengandung aflatoksin tingkat tinggi.

F.D.A. sendiri menyatakan  mulai menyelidiki perusahaan, Midwestern Pet Foods Inc. dari Evansville, Ind itu  setelah secara sukarela menarik 20 produk pada bulan Desember yang terkait dengan kematian 28 anjing.

“Perusahaan memperluas penarikan pada Januari setelah tes produk tertentu menunjukkan bahwa aflatoksin, racun yang dihasilkan oleh jamur, melebihi tingkat yang dapat diterima,”  kata FDA.

BACA JUGA: Bali Zoo Kembali Bangkit, Setiap Hari Dikunjungi Ribuan Orang

Inspeksi Pabrik Perusahaan Mengungkap Ada Pelanggaran

Steven Solomon, Direktur FDA's Center for Veterinary Medicine, mengatakan bahwa inspeksi pabrik perusahaan telah "mengungkapkan bukti pelanggaran".

Terutama, terkait dengan penyakit atau kematian ratusan hewan peliharaan yang mengkonsumsi makanan anjing kering perusahaan itu.

Sekedar info, aflatoksin merupakan racun yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus yang tumbuh pada jagung dan biji-bijian lain yang digunakan sebagai bahan makanan hewan.

BACA JUGA: Di Amerika, 240 Ribu Warga Bisa Tewas Oleh Corona

Bahkan, secara khusus FDA juga mengatakan makanan anjing kering Sportmix mengandung kadar aflatoksin setinggi 558 parts per billion (ppb).

Jumlah tersebut rupanya melebihi kadar aflatoksin yang dianggap aman untuk dikonsumsi, yakni sebesar 20 ppb.

Adapun, ketika makanan hewan peliharaan mengandung aflatoksin yang tinggi, hal itu jelas bisa menyebabkan penyakit dan kematian pada hewan peliharaan.

Sementara itu, gejala keracunan aflatoksin termasuk lesu, kehilangan nafsu makan, diare dan muntah.

Jika hewan peliharaan kamu mengalami gejala di atas, sebaiknya langsung bawa ke dokter hewan. Dan, baca-baca lagi kemasan makanan hewan. Lihat siapa yang memproduksi sehingga jika terjadi sesuai bisa menyampaikan complain.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya