Pemerintah Berencana Buka Gerbang Wisman Pertengahan Juni Mendatang

Kliknusae.com - Pemerintah tetap berencana membuka gerbang pariwisata untuk wisatawan macanegara pada pertengahan Juni.

Sebelumnya pemerintah sempat menutup akses wisata dari luar negeri ke Indonesia untuk mencegah penularan virus.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Raden Kurleni Ukar, dalam video conference mengatakan rencana pembukaan wisatawan mancanegara.

"Pembukaan bagi kunjungan wisman masih kami rencanakan sesuai arahan presiden, yaitu bulan Juni 2021 atau Juli 2021," kata Kurleni, dalam konferensi lewat video, dilansir Kliknusae.com dari kontancoid, Selasa (27/4/2021).

Namun, Kurleni mengatakan bahwa ada kemungkinan mengubah peraturan tersebut tergantung dari kondisi pandemi dan kesiapan pemerintah dalam penanganan tersebut.

Lalu, pemerintah akan tetap memantau perkembangan Covid-19 di negara yang akan dijadikan target pasar, seperti India dan Belanda yang sebelumnya menjadi salah satu bagian dari program Travel Corridor Arrangement.

"Seperti sekarang, dengan adanya lonjakan kasus di negara-negara tersebut, maka sepertinya tidak memungkinkan dalam waktu dekat," lanjutnya.

Dirinya juga melanjutkan bahwa penurunan angka wisatawan ini berpengaruh buruk terhadap ekonomi khususnya sektor pariwisata.

Dirinya menyebutkan beberapa contoh, pada tahun 2019, jumlah kunjungan wisman dari India mencapai 657.000 orang.

Jumlah tersebut  merosot menjadi 110.000 akibat pandemi pada 2020. Dari data tersebut terlihat penurunan devisa dari wisman India untuk tahun 2020 sekitar US$ 590 juta. (JAV/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya