Waduh, Penggunaan Hand Sanitizer Bisa Menghilangkan Fungsi Sidik Jari?

Kliknusae.com - Meski secara penelitian medis di Indonesia belum ditemukan penggunaan sanitasi yang berlebihan bisa menghilangkan fungsi sidik jari.

Namun di Bopal, sebuah kota kecil berpenduduk 1 juta jiwa di India muncul kabar yang sangat mengejutkan.

Dikutip Kliknusae.com dari situs https://health.economictimes.indiatimes.com/ warga Bopal yang biasa membersihkan tangannya setidaknya enam-tujuh kali sehari tiba-tiba kehilangan fungsi sidik jari.

Adalah Nehal Mistry, seorang profesional bank, mengalami kebingungan ketika mesin absensi biometrik kantor gagal mengenali sidik jarinya.

"Bahkan sistem keamanan rumah saya tidak dapat membaca sidik jari saya.  Saya sudah menerima perawatan untuk masalah kulit," katanya.

Ia pun disarankan oleh  dokter kulit itu untuk mengurangi penggunaan pembersih berbasis alkohol dan beralih ke pembersih berbasis sabun.  Sang dokter  juga meresepkan beberapa salep.

"Berhasil, dan saya mendapatkan sidik jari saya kembali, " kata Nehal

Nehal bukan satu-satunya yang mengalami kejadian tersebut.

Para ahli dari kota tersebut melaporkan kasus-kasus di mana para pembersih "menghapus" sidik jari bersama dengan virus Covid-19.

Para ahli menyalahkan sifat alkohol atas fenomena tersebut, meskipun kondisi ini bersifat sementara, namun juga bisa terjadi pada orang yang menggunakan (hand) sanitiser secara berlebihan atau tidak menggunakan pelembab yang cukup, tambah mereka.

Dokter kulit Anshul Warman mengatakan bahwa masalah tersebut sering dilaporkan sekarang karena beberapa kantor telah kembali melakukan pemeriksaan biometrik pasca pandemi.

"Akibat penggunaan sanitiser dan antiseptik lainnya, terjadi abrasi pada lapisan atas kulit (epidermis).  Sidik jari terbentuk karena tonjolan di lapisan ini.  Lecet akan merubahnya dan gambar yang jelas tidak akan terbentuk, "ujarnya seraya menambahkan bahwa edema (bengkak) dan dermatitis kontak juga mempengaruhi pola sidik jari.

"Sekitar 3-4% dari anggota staf kami mengeluhkan sidik jari mereka tidak didaftarkan untuk pemeriksaan biometrik," kata Dr Pranay Shah, dekan BJ Medical College.

"Kami telah menemukan metode lain untuk mencatat kehadiran," lanjutnya.

Tetapi ini bukan hanya tentang kehadiran di tempat kerja - sebagian besar populasi bergantung pada data biometrik untuk mendapatkan jatah (batuan).

Sidik jari yang tidak cocok di toko yang menggunakan sistem fair price, dapat membahayakan hal ini.

Faktanya, Lakshmi Raval (75), warga Jashodanagar, dipulangkan tidak hanya sekali atau dua kali tetapi tiga kali dalam enam bulan terakhir karena "kesalahan".

"Kami sudah melakukan representasi ke pejabat terkait masalah tersebut.  Masalahnya baru muncul enam-tujuh bulan lalu, "kata keponakannya Yatin.

Masalahnya hal ini tidak terlalu umum, para ahli meyakinkan.

Dr Tarul Suthar, seorang dokter kulit yang cukup ternama, mengatakan bahwa masalah sidik jari lebih banyak dilaporkan pada mereka yang memiliki riwayat hiperhidrosis (keringat berlebih).

"Penggunaan sanitiser yang sering ditambah dengan masalah kulit lainnya dapat meningkatkan pengelupasan epidermis," katanya.

Jaimin Barot, kontraktor petugas kesehatan, mengatakan bahwa dia bersama beberapa anggota stafnya pernah menghadapi masalah tersebut.

"Dalam beberapa kasus, mesin menerima pembacaan setelah tiga-empat percobaan, sedangkan dalam kasus lain, tidak bisa terbaca. Masalahnya hal ini bisa lebih  mempengaruhi petugas kesehatan karena (mereka) sering menggosok tangan, "katanya. (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya