Hari Ini, Kota Melbourne Kembali Terapkan Lockdown

Kliknusae.com - Penularan virus corona (Covid-19) yang meroket di Melbourne-kota kedua terbesar di Australia memaksa otoritas setempat untuk menutup seluruh akses publik. Termasuk industri,bisnis, ritel dan konstruksi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penularan virus Corona yang semakin meluas dan bisa membahyakan kesehatan masyarakat.

Hari ini, Rabu (5/8/2020), sebagaimana dikutip kantor berita Reuters, melbourne akan mulai menutup bisnis ritel, manufaktur, dan administrasi pada Rabu pekan ini. Diperkirakan sekitar 250 ribu pekerja yang akan terdampak tidak bekerja selama lockdown.

Sejumlah negara bagian Australia kini tengah gembar peningkatan lockdown saat kasus virus Corona terus melonjak.

Negara bagian Victoria menyatakan keadaan darurat pada Minggu kemarin. Negara bagian ini menjadi wilayah yang sangat keras dalam menjalankan kebijakan lockdown.

Negara bagian lainnya seperti New South Wales dan Australia Selatan juga meningkatkan pencegahan penularan virus Corona.

Banyak produksi pabrik daging mengurangi kapasitas pekerjanya dan meningkatkan penggunaan alat pelindung diri (APD).

Sementara supermarket tetap buka namun hanya melayani takeaway atau pesan antar.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Arden mengatakan lonjakan kasus virus Corona juga berpengaruh pada industri penerbangan.

Sejumlah penerbangan Australia - Selandia Baru akan tertunda hingga batas waktu yang tidak bisa diperkirakan.

Industri penerbangan khususnya perjalanan internasional akan dimulai kembali setelah lockdownberakhir yakni September 2020.

Taman nasional situs Uluru yang menjadi daya tarik wisatawan juga tutup setelah masyarakat lokal melakukan unjukrasa menentang kedatangan wisatawa yang dikhawatirkan bisa menyebabkan penularan Covid-19.

Kepala Eksekutif Badan Gabungan Aborigin Komunitas Mutitjulu, Bohl-Van Den Boogaard mengemukakan pihaknya khawatir dengan kedatangan wisatawan dari kota terdekat mereka, Brisbane  sebanyak 39 orang bisa membawa pandemic. Apalagi Kota Brisbane, dinyatakan sebagai zona merah COVID-19.

(adh/*)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya