Aceh Gelar International Diving Festival and Championship 2019

Kliknusae.com - Dalam upaya pengembangan wisata bahari Kota Sabang, Pemerintah Aceh menggelar kembali event "Aceh International Diving Festival and Championship 2019". Event atraksi wisata olahraga ini akan berlangsung selama 2 hari berturut-turut, pada tanggal 6-7 Oktober 2019 di kawasan wisata pantai Gapang, Sabang.

Dilansir laman pesona.travel, ajang internasional ini juga diselenggarakan untuk mempromosikan potensi wisata bawah laut dan mewujudkan Sabang sebagai wisata bahari unggulan Nasional. Tahun 2017 lalu, Indonesia dianugerahi sebuah penghargaan dari British Dive Magazine di acara World Travel Market London sebagai Best Dive Destination.

Terkait hal itu, Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI berupaya menjadikan Sabang sebagai spot selam atau destinasi selam unggulan di Aceh.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Aceh International Diving Festival and Championship 2019 akan memperkuat destinasi bahari Indonesia.

"Kekayaan bahari Indonesia terbentang dari Aceh hingga Papua. Dan dibutuhkan banyak event untuk terus memperkenalkannya. Salah satunya lewat Aceh International Diving Festival and Championship. Event ini akan memperlihatkan jika alam Indonesia indah dari gunung sampai ke dalam laut," ujar Arief Yahya.

Aceh International Diving Festival and Championship 2019 yang berhasil masuk dalam Calendar of Event Wonderful Indonesia 2019, diharapkan akan berlangsung sukses dan menjadi media efektif memperkenalkan Sabang sebagai  destinasi wisata bahari unggulan Indonesia.

Event ini pun akan memadukan atraksi wisata budaya dan alam, khususnya diving. Khusus untuk budaya akan ada penampilan tarian-tarian tradisional dan hiburan menarik lainnya, serta menyajikan kuliner khas Aceh dengan menu "Kuah Blangong".

Festival pada hari pertama akan dimulai dengan perlombaan finswimming 6.000 meter untuk putra dan putri. Panitia juga memperlombakan bouyancy untuk segala umur. Setiap perlombaan, akan diberikan hadiah uang tunai dan plakat medali. Selanjutnya pada hari kedua, panitia juga mengadakan Open Intro Dive bagi masyarakat umum dan Beach Clean up.

Kemeriahan juga akan bertambah dengan hadirnya Lomba Fotografi Bawah Laut. Teknisnya, peserta diminta untuk mengirim karya foto underwater terbaiknya ke panitia. Panitia akan memilih beberapa foto sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan.

Beberapa kandidat pemenang akan diundang ke Sabang dalam rangka pengambilan gambar underwater terbaik di bawah laut Sabang. Peserta dan foto terbaik  sebagai pemenang pertama hingga ketiga akan mendapatkan hadiah dan tropi.

Selain itu, dua kegiatan ini juga akan diikuti 24 Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Aceh dan peserta umum, baik lokal, nasional maupun mancanegara.***(IG)

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya