Indonesia Siap Gelar The 6th Asia Pacific Geoparks Network Symposium

Kliknusae.com - Indonesia siap menggelar The 6th Asia Pacific Geoparks Network (APGN) Symposium yang akan berlangsung mulai 31 Agustus - 6 September 2019. Bertempat di Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark, Nusa Tenggara Barat (NTB). Simposium ini diselenggarakan Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

APGN 2019 mengusung tema "Geopark Global UNESCO Menuju Keberlanjutan Komunitas Lokal dan Mengurangi Risiko Geohazard". Dengan mengangkat beberapa topik seputar Global Geopark, diantaranya Memberdayakan sosial ekonomi lokal untuk pembangunan berkelanjutan; Melibatkan Komunitas, risiko geohazard, dan pemulihan; Mempopulerkan pengetahuan ilmiah untuk pendidikan publik; Mempromosikan calon geopark global; dan Jaringan geopark global landscape vulkanik.

Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari Geopark Global UNESCO Asia-Pasifik, Geopark Nasional dari Indonesia, dan negara-negara Asia-Pasifik. Diperkirakan hadir sekitar 800 partisipan dalam simposium, meliputi manajemen geopark, ilmuwan, dan perwakilan pemerintah dari seluruh dunia. Mereka berasal dari Cina, Vietnam, Australia, Canada, Perancis, German, Hongkong, Iran, Irlandia, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Malaysia, New Zealand, Nigeria, Rusia, Afrika Selatan, Taiwan, Tanzania, Thailand, Timor Leste, serta Indonesia sebagai tuan rumah.

Menurut Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Safri Burhanuddin, acara ini rencananya dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"The 6th APGN Symposium Tahun 2019 yang akan berlangsung tanggal 31 Agustus sampai dengan 6 September 2019 mendatang ini, merupakan agenda pertemuan rutin 2 tahunan jaringan geopark se-Asia Pasific. Sebagai tuan rumah, acara ini rencananya akan dibuka oleh Pak Presiden (Joko Widodo). Namun jika Presiden berhalangan hadir, acara ini akan dibuka oleh Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan," ujar Safri, Selasa (20/8/2019) dikutip dari laman maritim.go.id.

Deputi Safri menjelaskan, Indonesia sebagai tuan rumah bisa meraih beberapa keuntungan seperti dalam peluang ekonomi dengan hadirnya peserta yang cukup banyak, menjadi potensi penghasilan bagi masyarakat yang akan terlibat dalam kegiatan UMKM Expo. Kemudian promosi wisata lewat setiap peserta yang berpotensi menjadi "Duta Wisata" NTB di negaranya masing-masing.

Keuntungan lain, dapat menjalin networking dengan kedatangan peserta. Mereka akan berinteraksi dengan peserta lain untuk membangun relasi baru di bidang akademik maupun bisnis. Serta menjadi wadah pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki para pengelola geopark di kawasan Asia Pasifik.

"Konsep The 6th APGN Symposium tahun 2019 ini juga mengakomodasi konsep pemberdayaan masyarakat melalui UMKM Expo dan pelibatan masyarakat dalam setiap site pada saat Field Trip. Diperkirakan masyarakat yang akan dilibatkan sekitar 250 orang yang terdiri dari unsur LO, volunteer, interpreter lokal, penyiapan makan siang field trip, dan pameran lokal di setiap site trip. Dalam hal ini Kemenko Maritim sebagai koordinator selalu memastikan semuanya berjalan dengan semaksimal mungkin," terang Safri.

Lanjut Safri, Rinjani Lombok UGG terpilih sebagai tuan rumah merupakan hasil keputusan APGN Advisory Committee di Zhijindong Cave Global Geopark. Ditandai dengan penyerahan secara simbolis bendera APGN yang diterima H. Rosiady Sayuti selaku Sekda Provinsi NTB saat itu. Dasar pelaksanaannya adalah Hasil Sidang Dewan Pengarah APGN di Cina dan Keputusan Gubernur NTB tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Simposium ke-6 APGN tahun 2019.

Berikut jadwal APGN 2019 bersumber dari laman apgn2019.com!

Sabtu, 31 Agustus 2019
Pertemuan Dewan Geopark Global UNESCO (pertemuan tertutup)
Lokasi Gili Trawangan, Lombok

Minggu, 1 September 2019
Pertemuan Dewan Geopark Global UNESCO (pertemuan tertutup)
Lokasi Gili Trawangan

Senin, 2 September 2019
Pertemuan Dewan Geopark Global UNESCO (pertemuan tertutup). Lokasi
Pertemuan AC APGN; Pertemuan APGN CC; Pertemuan GGN ExB (17: 00-18: 30); Ice Breaking untuk Semua peserta.
Lokasi Gili Trawangan, Lombok Raya, dan Kantor Gubernur NTB

Selasa, 3 September 2019
Upacara Pembukaan, Keynote Speeches
Sesi Simposium
Free Evening
Pameran Warisan Intangible Geofair dan Poster
Lokasi Lombok Raya

Rabu, 4 September 2019
Tamasya simposium tengah (3 jalur tamasya), Pelatihan Evaluator
Dinner
Pameran Warisan Intangible Geofair dan Poster
3 jalur perjalanan, Lombok Raya

Kamis, 5 September 2019
Sesi Simposium
Gala Dinner
Pameran Warisan Intangible Geofair dan Poster Sepanjang Hari
Lokasi Lombok Raya dan Taman Narmada

Jumat, 6 September 2019
Sesi Simposium
Upacara penutupan
Pameran Warisan Intangible Geofair dan Poster Sepanjang Hari
Lokasi di Lombok Raya

Sabtu, 7 September 2019
Program Pasca Simposium Pilihan***

(IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya