Itok Parikesit, Dilantik Jadi Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf

KLIKNUSAE.com - Itok Parekesit, menjadi salah satu pejabat tinggi pratama di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dilantik. Ia didapuk untuk menduduki Direktur Wisata Minat Khusus.

Selanjutnya dua pejabat lainnya yang juga dilantik masing-masing; Yohanes De Brito Titus Haridjati sebagai Direktur Komunikasi Pemasaran, dan Yulia sebagai Direktur Hubungan Antar Lembaga.

Acara pelantikan yang berlangsung Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, pada Kamis 5 Januari 2023 itu diiselenggarakan dengan tetap menerapkan  prokes ketat.

BACA JUGA: Menyelesaikan Kemelut di Labuan Bajo, Sandiaga Berikan Pesan Ini

Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga memberikan sejumlah pesan dan arahan terhadap para pejabat yang dilantik.

Menparekraf berpesan kepada pejabat Direktur Hubungan Antar Lembaga untuk memanfaatkan momentum awal tahun sebagai ajang untuk berkolaborasi dengan stakeholder di sektor parekraf.

"Tidak hanya (peningkatan) dari sisi kuantitas, namun kualitas kerja sama di lingkup khususnya ASEAN juga bilateral dan multilateral yang telah dan akan terus kita bangun," ujarnya.

BACA JUGA: Ada Kemajuan Sektor Parekraf di Aceh Besar, Sandiaga Pratikan Kopi Kunyit

Potensi-potensi Kerjasama

"Jadi saya harap Mbak Yulia bisa melihat potensi-potensi kerja sama dan kolaborasi untuk mendukung giat kita di 2023 yang tentunya harus lebih baik dari 2022," sambung Sandiaga.

Sementara bagi pejabat Direktur Komunikasi Marketing, Menparekraf Sandiaga menitipkan pesan untuk dapat mengakselerasi dan mengorkestrasi terhadap berbagai inovasi, strategi dan program-program pemasaran sektor parekraf Tanah Air. Yakni,  melalui branding Wonderful Indonesia dan pemanfaatan media digital yang tepat.

"Kita harus antisipatif dan saya juga ingin mendorong lebih banyak adaptasi karena pola (pemasaran) kita sekarang bergeser ke digitalisasi," katanya.

BACA JUGA: Kemenparekraf Ajak Qatar Airways Joint Marketing dalam Rute Penerbangan

Wisata Kesehatan

Kemudian Sandiaga mendorong untuk pejabat Direktur Wisata Minat Khusus agar terus berinovasi terkait promosi dan produk wisata minat khusus seperti wisata bahari, wisata kesehatan, dan pariwisata halal

"Kiranya para pejabat tinggi pratama yang dilantik hari ini juga diberi kemudahan dalam menjalankan tugas barunya," tegasnya.

Dengan doa dan ikhtiar kita berikan yang terbaik dengan penuh amanah dan menjadi inspiring leaders di unit kerja masing-masing, ujar Sandiaga.

Sandiaga juga menyampaikan terima kasihnya atas pengabdian dan kerja keras para pegawai Kemenparekraf/Baparekraf dalam upaya pemulihan sektor parekraf Indonesia di tahun 2022.

BACA JUGA: Kain Gringsing Khas Desa Wisata Tenganan Pesanan Kemenparekraf Siap Dibagikan

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para pegawai Kemenparekraf atas pengabdian, kerja keras, dedikasi, kesabaran, dan ketekunan," ucapnya.

Sandiaga pun mengapresiasi, atas kontribusi dan sumbangsih sepanjang tahun 2022. Sehingga mendapat hasil yang luar biasa, jauh di atas target dan ekspektasi.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo serta sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. *** 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya