Sandiaga Uno Dorong Budikamber di Ponpes Sekolah Alam Tunas Mulia, Apa Itu?

KLIKNUSAE.com – Sandiaga Uno dorong Budikamber di Pondok Pesantren (Ponpes) Sekolah Alam Tinas Mulia di Sumur Batu, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Orang pasti bertanya-tanya, program apa pula ini? Yang jelas melalui program ini diharapkan muncul lapangan pekerjaan baru. Sekaligus keahlian dalam melalukan budidaya ikan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berharap masyarakat terutama para wali murid dan santri di lingkungan pondok pesantren bisa memaksimalkan program juragan lele lalap. Khususnya, dalam upaya  untuk memajukan perekonomian pascapandemi Covid-19.

"Diharapkan kegiatan ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar," kata dia, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin 25 April 2022.

BACA JUGA: Kalender Event Wisata Kalbar Diluncurkan, Sandiaga Dorong Anak Muda Inovatif

Ia telah mendatangi Yayasan Pondok Pesantren Sekolah Alam Tunas Mulia. Dalam kesempatan tersebut ia  mengajak santri dan wali murid menjalankan program juragan lele lalap.

Para santri dan wali murid yang berada di Kampung Cisalak dia ajak membudidayakan ikan lele dalam ember alias budikamber.

Bersama Rumah Siap Kerja

Program itu bekerja sama dengan rumah siap kerja dan Rumah SandiUno Indonesia dalam membangkitkan perekonomian pascapandemi.

Lewat program itu, dia berharap dapat membantu warga sekitar menangani kenaikan harga bahan pokok.

BACA JUGA: Sandiaga Sebut Keberadaan Balon Udara Sari Ater Bisa Jadi Unggulan

"Kegiatan juragan lele lalap dapat membantu warga di tengah harga bahan pokok yang melonjak. Sehingga peluang usaha dan lapangan kerja juga bisa tercipta," kata dia.

Lebih jauh, melalui program berbasis pesantren tersebut, dia berharap ekonomi masyarakat bisa terus meningkatkan untuk memasuki era baru setelah pandemi Covid-19.

Dalam kunjungannya ke Yayasan Pondok Pesantren Sekolah Alam Tunas Mulia, Sumur Batu, Bantar Gebang Bekasi, Sandi memberikan 200 unit ember budi daya ikan lele. Ia juga memberikan 10.000 benih ikan lele dan 1.600 lubang tanam kangkung.

Tidak hanya itu, program itu juga memberikan pelatihan dan pendampingan hingga masa panen pertama. "Dalam program ini juga diberikan pelatihan dan pendampingan pada proses panen pertama," ujarnya.

BACA JUGA: Viral Pece Lele Muahadi Malioboro, Ini Kata Ketua PHRI

Sebagaimana diketahui, kegiatan serupa juga pernah dilakukan pengusaha Sandiaga Uno bersama Rumah Siap Kerja (RSP) dan Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI) dengan menggulirkan program "juragan lele lalap".

Kegiatan tersebut diarahkan  untuk mengurangi pengangguran di Bidara Cina, Jakarta Timur.

"Ini adalah budidaya ikan dalam ember yang dilengkapi dengan budidaya sayur-sayuran lalapan di atas embernya," kata Sandiaga Minggu, 24 April 2022.

Ia  menyempatkan diri menemui warga Gang Ayub, RT12/08 Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Sensasi Pedas Kaya Rempah Mangut Lele Khas Yogyakarta

Kucurkan 10.000 Bibit Lele dan 200 Ember

Sandiaga menyerahkan bantuan berupa 200 ember, 10.000 bibit lele dan sayuran lalap kepada warga Bidara Cina.

Sandiaga bersama RSK dan RSI juga memberikan pelatihan wirausaha budidaya lele di dalam ember. Tujuan, agar warga Bidara Cina mendapatkan penghasilan tambahan.

"Harga akan naik. Untuk menyikapinya warga bisa memiliki penghasilan tambahan dengan budidaya ikan lele dalam ember dan juga nanti setelah dipanen bisa menjadi produk-produk olahan," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengharapkan program ini menciptakan lapangan usaha dan peluang kerja baru sehingga membangkitkan ekonomi Indonesia. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya