PUPR Genjot Fasilitas Wisata, Siapkan Labuan Bajo Jadi Tuan Rumah AIWW

KLIKNUSAE.com – PUPR genjot fasilitas wisata sebagai penunjung kegiatan internasiona di Labuan Bajo, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terlebih, Labuan Bajo kembali dipercaya untuk menggelar event internasional, Asia International Water Week (AIWW) pada 14-16 Maret mendatang.

Untuk kelancaran event bertarap internasional tersebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut akan menggejot  infrastruktur pendukung yang dibangun pemerintah.

Labuan Bajo sendiri telah ditetapkan sebagai bagian dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Minta Menparekraf Lakukan Re-Branding Danau Toba

Menteri  Basuki Hadimuljono mengatakan penataan yang dilakukan Kementerian PUPR diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sektor pariwisata.

Sehingga dapat mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Utamakan Kebersihan

"Jaga kebersihan, itu yang utama. Harapan saya apa yang sudah kita bangun dirawat, masyarakat juga harus bisa merawat kebersihannya. Ini kota kecil, kalau bersih menjadi small is beautiful," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resminya, Minggu 13 Maret 2022.

BACA JUGA: Keberadaan Homestay di Mandalika Dapat Dukungan BUMN dan PUPR

AIWW sendiri merupakan forum yang diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali. Dengan upaya PUPR genjot fasilitas wisata di Labuan Bajo diharapkan juga bisa memberikan daya tarik tersendiri.

Agendanya adalah  untuk melaporkan progres dan merumuskan implementasi kebijakan dalam mencari solusi atas berbagai masalah keairan di Asia.

AIWW diselenggarakan oleh Asia Water Council (AWC) bekerja sama dengan pemerintah Indonesia.

AIWW dapat menjadi forum diskusi bagi pemerintah, komunitas atau masyarakat, akademisi, dan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah air di Asia, khususnya Indonesia.

Kegiatan tersebut diperkirakan bakal diikuti oleh 400 peserta secara langsung dan 1.000 peserta secara daring 15 negara di Asia dan negara anggota Asia Water Council.

Acara AIWW ke-2 tersebar di beberapa venue di Labuan Bajo, dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Ini memang kita pilih tuan rumahnya di Labuan Bajo karena penataan yang dilakukan Kementerian PUPR sudah selesai semua, sekaligus kita ikut mempromosikan Labuan Bajo," ungkapnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya