RK Launching 'West Java Calendar of Event 2022', Ini kata Sandiaga

KLIKNUSAE.com - RK launching West Java Calendar of Event 2022 (WJCOE 2022) yang digelar secara hybrid dari Ballroom Pullman Bandung Grand Central Park, Selasa 15 Februari 2022.

Selain Gubernur Ridwan Kamil (RK) hadir juga dalam acara launching ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno melalui media daring.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang memiliki potensi ekonomi kreatif paling tinggi di Indonesia.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Lepas Ekspor Perdana Mobil Dari Jawa Barat

"Sejatinya penyelenggaraan kalender event merupakan momentum yang paling dinanti dan diharapkan oleh seluruh masyarakat. Karena, dengan menyelenggarakan event akan menghasilkan dampak yang signifikan, baik dari segi ekonomi, sosial budaya serta lingkungan," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan bahwa pandemi yang melanda dunia hampir 2 tahun silam, menjadi masa yang penuh tantangan.

Dampak dari pandemi ini begitu sangat berpengaruh bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk didalamnya adalah penyelenggaran event.

BACA JUGA: Sinyal Ridwan Kamil ‘Tinggalkan’ Jawa Barat Menguat, Ini Kata Bima Arya

Ada 50 Event Sepanjang 2022

"Kita ketahui bersama bahwa Jawa Barat merupakan provinsi ekonomi kreatif tertinggi di Indonesia. Maka dari itu, pemerintah memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Terutama, atas inisiasi provinsi Jawa Barat untuk menyelenggarakan 50 event sepanajang tahun 2022," katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengemukakan tujuan program (WJCOE 2022) ini adalah untuk mendorong, mengembalikan gairah, dan keberlangsungan industri kreatif di Jawa Barat.

Khususnya sektor event melalui acara West Java Calendar of Event 2022 (WJCOE 2022).

BACA JUGA: Demi Pemulihan Sektor Pariwisata, 340 Event Akan Digelar di Jabar

West Java Calendar of Event 2022 sendiri merupakan program strategi dalam mempromosikan sejumlah event unggulan. Utamanya yang akan berlangsung selama tahun ini.

Event ini akan digelar di 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Bersama tim independen, Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat melakukan kurasi pada sejumlah rancangan event terbaik.

"Seluruh event yang dikurasi tentunya harus mengedepankan aspek Creative Value, CEO Commitment, dan Commerial Value atau biasa disebut 3C," jelas Benny.

Bukan hanya event bertajuk seni budaya, event populer lain seperti olahraga, kuliner, otomotif, fesyen, MICE, dan lain yang lainnya masuk dalam kurasi tahun ini.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Ajak Naik Balon Udara di Sari Ater, Tak Harus Ke Turki

Dari sekian sekian rencana event yang akan digelar di tahun ini, 50 event terkurasi akan dirilis pada acara WJCOE 2022.

50 event tersebut terbagi atas 10 Kharisma Event Nusantara, 10 Smiling West Java Event, dan 30 West Java Rising Event.

Sampai berita ini diturunkan pukul 14.47 WIB, acara masih berlangsung, menunggu sambutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya