Sandiaga Bantah Kelangkaan Oksigen, Keadaan di Lapangan Berbanding Terbalik

KLIKNUSAE.COM – Sandiaga dengan tegas membantah soal kelangkaan oksigen. Ia mengklaim pasokan cukup untuk memenuhi kebutuhan skala nasional. Sementara di lapangan, keadaan berbanding terbalik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyangkal soal kelangkaan oksigen. Lewat diskusi dengan PT Aneka Gas Industri Rabu, 7 Juli 2021 petang, Ia menegaskan jumlah produksinya bahkan mampu mencukupi kebutuhan dalam skala nasional.

Ia mengatakan, pasokan untuk menutupi kebutuhan oksigen di bidang medis telah meningkat drastis. Hal tersebut terjadi setelah stok untuk bidang industri dialihkan.

"Tentunya kami harus berterima kasih dan mengapresiasi industri-industri yang mengalihkan kebutuhan dan suplai untuk melayani permintaan peningkatan secara signifikan oksigen untuk bidang medis,” kata Sandiaga, dilansir Kliknusae dari Detikcom, Kamis, 08 Juli 2021.

Ia juga mengatakan bahwa tidak ada kelangkaan tersebut, melainkan keterbatasan pasokan yang diakibatkan oleh pembagian jatah untuk sektor tertentu.

"Bukan terjadi kelangkaan, tapi keterbatasan yang bisa dipetakan pada tiga lini yang harus kita perhatikan secara bersama-sama," ujar Sandiaga, dilansir Kliknusae dari Tempo, Kamis, 08 Juli 2021.

Kemenparekraf sendiri juga selama PPKM Darurat terus berupaya menghadirkan program bantuan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu.

Di masa yang sulit ini, masyarakat khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif membutuhkan suatu keberpihakan dari pemerintah.

"Ini kami hadirkan melalui program dana hibah pariwisata, bantuan insentif dan bantuan sosial, serta mempercepat pelaksanaan program vaksinasi agar tercipta herd immunity di masyarakat," kata Sandiaga.

Penambahan Kasur Covid-19 Tak Diimbangi Oksigen

Baca Juga: Tentang Penempatan KPJ di Objek Wisata, Ini Kata Disbudpar Bandung

Sementara, Pemkot Bandung menggelar weekly meeting Bandung Menjawab pada Kamis, 8 juli 2021. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan bahwa penambahan kasur untuk pasien Covid tidak diimbangi oleh pasokan oksigen.

“Kebutuhan belum seimbang. Penambahan bed (kasur untuk pasien Covid) tidak diimbangi oleh pasokan oksigen,” kata Elly dalam Bandung Menjawab, Kamis, 08 Juli 2021.

Tercatat, penambahan kasus Covid-19 di Indonesia pada Selasa,  6 Juli 2021 mencapai 31.189 kasus. Jumlah tersebut menggambarkan bahwa angka kasusnya terus menembus batas rekor tertinggi.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya