Danau Singkarak Disiapkan Menjadi Geopark Nasional

SUMBAR, KLIKNUSAE.com - Kawasan Danau Singkarak yang terbentang di Kabupaten Solok dan Tanah Datar akan disiapkan menjadi geopark nasional.

Dalam Rapat Koordinasi Mengusulkan Danau Singkarak sebagai geopark di Kab. Solok, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan geopark ini akan jadi ini dari Geopark Ranah Minang.

"Danau Singkarak merupakan sentral patahan Sumatera, berpotensi untuk dijadikan geopark. Kita memproyeksikannya menjadi inti dari Geopark Ranah Minang," kata Audy, dilansir Kliknusae.com dari Antara, Jumat, 25 Juni 2021.

Dirinya melanjutkan bahwa nantinya geopark ini akan diakui oleh UNESCO, sehingga dapat mendatangkan wisatawan mancanegara.

"Namun karena untuk mencapai hal itu butuh proses yang panjang, maka akan dilakukan secara bertahap, yang penting sekarang kita sudah melakukan langkah awal. Ke depan secara bertahap kita lanjutkan," ujar Audy.

Pihaknya juga memaparkan bahwa eopark yang telah diakui UNESCO berdampak positif bagi tingkat kunjungan. Angka PAD bisa naik hingga 500 persen dalam kurun waktu enam hingga sepuluh tahun kedepan.

Hal tersebut terjadi pada Geopark Gunung Sewu, jumlah kunjungan 500 persen dalam enam tahun serta PAD naik 800 persen.

Sementara itu Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemmenko Marves, Rustam Effendi mengatakan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan koordinasi dan sinergi dari sejumlah pihak seperti pemerintah, perguruan tinggi, lembaga peneliti, swasta, pelaku wisata, serta masyarakat.

Hingga saat ini, di Indonesia ada enam Geopark Dunia (UNESCO) diantaranya Gunung Batur Bali, Gunung Sewu Yogyakarta, Ciletuh Pelabuhan Ratu Jawa Barat, Gunung Rinjani Lombok, Kaldera Toba dan Belitung. Selain itu, ada 15 geopark nasional yang tiga diantaranya di Sumbar.

"Karena yang Singkarak ini baru merintis  maka jalurnya diusulkan untuk geopark nasional dulu. Usulan dilakukan oleh pengelola Geopark sesuai rekomendasi Gubernur. Setelah itu dibutuhkan rekomendasi Komite Nasional Geopark Indonesia," katanya.

Dirinya menyatakan sikap dan dukungannya untuk mewujudkan Singkarak menjadi geopark nasional. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya