AirAsia Kembali Terbang Mulai 7 Mei 2020,Ini Rutenya

Kliknusae.com - Sejak mengumumkan pemberhentian operasional sementara beberapa waktu lalu, AirAsia Group kini bersiap-siap kembali "take off" untuk penerbangan reguler rute domestik.

Jika tidak ada perubahan, penerbangan kembali di berbagai negara salah satunya Indonesia akan dilaksanakan per 7 Mei 2020 mendatang.

Tahap awal pengoperasian tersebut akan tersedia secara terbatas pada rute domestik tertentu. Sementara penerbangan domestik pada 7 Mei 2020 hanya melayani rute Surabaya-Bali dan  18 Mei untuk rute domestik lainnya.

Secara bertahap, maskapai penerbangan ini juga akan beroperasi di rute lainnya termasuk rute internasional jika situasi telah membaik dan pembatasan perjalanan dan wilayah telah dicabut.

Seperti diketahui, pandemi virus corona turut memberikan dampak pada sektor bisnis penerbangan di berbagai negara, lantaran otoritas berbagai negara melarang adanya penerbangan komersial ke wilayahnya.

President (Airlines) AirAsia Group Bo Linga mengatakan, penerbangan telah tersedia dan dapat dipesan melalui situs airasia.com dan aplikasi AirAsia. Pembelian tersebut dapat dilakukan menggunakan akun kredit.

Dikutip dari laman resmi airasia, akun kredit adalah tempat penyimpanan saldo dari nilai pembelian tiket Anda yang dapat ditukar dan digunakan untuk pembelian tiket penerbangan AirAsia berikutnya.

"Kami merasa senang dapat terbang kembali melayani pelanggan kami dan berharap dapat beroperasi penuh sesegera mungkin. Kami telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara dengan kewaspadaan terhadap Covid-19," kata Lingam dalam keterangan tertulis, pekan lalu.

Dari pantauan website airasia.com, penerbangan AirAsia yang kembali beroperasi di Tanah Air mempunyai rute Surabaya-Denpasar dan sebaliknya.

Adapun di aplikasi dengan tanggal yang telah tersedia harga tiket, maka sudah dapat dilakukan pemesanan.

Menurut Lingam, pihak AirAsia juga bekerja sama dengan pihak otoritas bandara untuk memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan, menjamin perjalanan yang aman dan nyaman.

Terkait dengan rute dan jadwal penerbangan, akan diumumkan selanjutnya tergantung dari persetujuan otoritas terkait.

"Kami secara aktif bekerja sama dengan regulator, pemerintah setempat, otoritas penerbangan sipil dan kesehatan, serta menaati panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk memastikan kami telah memenuhi standar kepat

Ia menambahkan, para penumpang disarankan menerapkan langkah pencegahan umum seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga higienitas diri selama penerbangan.

Lingam mengungkapkan, seluruh pesawat telah dilengkapi dengan penyaring udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) berstandar rumah sakit dan akan melalui proses disinfkeksi secara menyeluruh setiap kali selesai penerbangan.

Sementara itu, untuk negara lainnya, AirAsia akan beroperasi di Malaysia (29 April 2020), Thailand (1 Mei 2020), Filiphina (7 Mei 2020), dan India (4 Mei 2020).

Bagi seluruh pelanggan yang telah memesan tiket pada 17 April 2020 atau sebelumnya, dengan keberangkatan 23 Maret-30 Juni 2020, AirAsia menawarkan fleksibilitas pilihan kompensasi.

Kompensasi yang ditawarkan dapat dilakukan melalui AVA yang tersedia di situs support.airasia.com atau airasia.com.

Adapun pilihan kompensasinya terbagi menjadi dua, yaitu perubahan jadwal dan akun kredit.

Pengubahan jadwal penerbangan ke tanggal lainnya sampai dengan 31 Oktober 2020 di rute yang sama, dapat dilakukan tidak terbatas dan tanpa biaya tambahan sesuai ketersediaan kursi.

Sedangkan, kompensasi akun kredit memungkinkan calon penumpang mendapatkan deposit senilai harga tiket dalam akun AirAsia BIG.

Saldo tersebut dapat digunakan untuk membeli tiket berikutnya.

Akun kredit dapat digunakan untuk memesan tiket dengan tanggal keberangkatan kapan saja hingga 365 hari kalender sejak diterbitkan selama penerbangannya telah tersedia.

Persyaratan dan informasi mengenai cara pengajuan kompensasi tersebut dapat diakses di sini.

Ditegaskan, pengajuan kompensasi hanya untuk pelanggan yang melakukan pemesanan melalui situs resmi atau aplikasi AirAsia.

Untuk pelanggan yang memesan tiket lewat group desk atau agen perjalanan, diminta untuk menghubungi agen pemesanan masing-masing.

(adh/kom)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya