Pacri Nanas, Gulai Versi Vegetarian Asal Pontianak

Kliknusae.com - Mendengar kata 'gulai', pasti pikiran kita akan membayangkan jenis kuliner berbahan daging dengan kuah nan gurih. Namun bayangan itu terhapus kala mengenal jenis gulai asal Pontianak, Kalimantan Barat. Pasalnya gulai tersebut berbahan buah nanas sebagai pengganti daging.

Kuliner yang dikenal dengan sebutan Gulai Nanas atau Pacri Nanas ini, merupakan gulai versi vegetarian asal Pontianak. Meskipun berbahan nanas yang tak lazim sebagai bahan utama masakan gulai, namun gulai nanas memiliki cita rasa yang lezat.

Seperti dilansir laman Pesona Indonesia, pacri nanas sendiri termasuk masakan khas Melayu yang terbuat dari potongan-potongan buah nanas yang diberi bumbu gurih dan lezat. Sekilas bumbu-bumbu yang melumurinya terlihat seperti masakan gulai pada umumnya. Namun setelah disantap barulah terasa keistimewaan rasa dari gulai ini.

Biasanya gulai nanas disantap bersama nasi, sambal ebi, dan sayur terong. Bentuknya mirip acar dengan rasa asam, manis, dan asin bercampur menjadi perpaduan yang sempurna. Rasa segar dan harum buah nanas dipadu dengan cabai merah dan aroma bunga lawang. Selain itu, tekstur nanas yang lembut, berserat, berbalut rasa segar dan berbumbu ini mudah membuat siapa saja jatuh hati ketika menyantapnya.

Dibutuhkan sekitar 15 jenis rempah dan bumbu untuk membuat gulai nanas. Rasa gurih yang dominan tentu asalnya dari santan kental. Sedangkan aroma gulai nanas yang menggoda berasal dari perpaduan antara pala, kapulaga, sereh, bunga lawang, cengkeh, dan kayu manis. Cita rasanya semakin sempurna karena ditambah bawang putih, bawang merah, dan cabai yang kepedasannya bisa diatur sesuai selera.

Gulai nanas selain populer di Kalimantan Barat, juga dapat kita temukan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Aceh dan Medan.*** (IG)

 

Share this Post:

Berita Terkait