Kawasan Kumuh di Pontianak Akan Dijadikan Destinasi Baru

PONTIANAK, Kliknusae.com - Kawasan kumuh yang berada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat akan dijadikan tempat wisata. Pemerintah kota setempat pun sedang mempersiapkannya.

Rencana tersebut dikemukakan oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Rabu (24/3).

Edi mengatakan, pihaknya tengah bersinergi dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perihal penataan kawasan kumuh.

Selain rencana tersebut, pihaknya akan memberdayakan masyarakat di kawasan yang akan digarap.

"Di luar Program Kotaku, kami juga ada perbaikan kawasan pemukiman, jalan lingkungan, bedah rumah, sambungan air bersih, persampahan, sanitasi, dan lainnya," kata Edi, dikutip Kliknusae.com dari Antara.

Melalui program penataan yang baik dan pemberdayaan masyarakat setempat,  Edi mengatakan, bukan tidak mungkin kawasan yang sebelumnya kumuh diubah menjadi destinasi wisata baru.

Hal tersebut sejalan dengan upaya Pemkot dalam pengembangan daerah wisata.

Nantinya,  warga setempat akan dilatih untuk membangun ekonomi kreatif seperti usaha kerajinan dan kuliner agar bisa menambah daya tarik daerah.

"Kalau masyarakat setempat bersinergi dengan program-program pemerintah, maka kawasan itu akan menjadi lebih maju dan masyarakatnya sejahtera," pungkasnya.

Lebih lanjut, Edi menyebut pentingnya inovasi daerah guna mewujudkan kawasan dan ruang hidup yang sejahtera, aman, bersih, dan teratur.

Hal ini pun sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan nilai ekonomi khususnya sektor pariwisata yang turun akibat dampak dari pandemi Covid-19. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya