Yuk Ajak Anak Bermain Sambil Belajar di Destinasi ini!

Kliknusae.com - Dunia anak-anak adalah masanya belajar dan mengenal banyak hal. Jadi sudah menjadi kewajiban bagi para orang tua untuk memberikan bekal pengetahuan sebanyak mungkin mengenai alam dan lingkungannya. Cara terbaik untuk mengajak anak belajar yaitu dengan bermain.

Belajar itu tidak harus melulu dilakukan di sekolah. Anak-anak pun dapat diajak belajar sambil mengunjungi berbagai tempat wisata yang tak hanya menawarkan kesenangan atau sekadar jalan-jalan, tapi juga menjadi sarana belajar bagi buah hati kita. Jadi, manfaatkan liburan untuk mengajak anak belajar sambil bermain di berbagai destinasi wisata edukasi.

Kini destinasi wisata edukasi untuk anak banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan lainnya. Seperti beberapa spot destinasi berikut ini yang pas buat ajak berwisata bersama sang buah hati.

Hutan Mangrove

Jenis destinasi ini, sekarang tak hanya laris dikunjungi kaum dewasa, khususnya yang senang berfoto, nyatanya hutan mangrove juga dapat dijadikan sarana belajar bagi anak-anak. Di situ, anak akan belajar tentang fungsi hutan mangrove bagi alam dan kehidupan manusia yang tak lain untuk mencegah erosi dan abrasi.

Selain itu, di hutan mangrove, anak-anak juga dapat mempelajari berbagai tumbuhan bakau dan biota air yang tumbuh dan hidup di hutan tersebut. Terakhir, tentu saja mengajak si kecil untuk berfoto dengan latar hutan bakau sebagai kenangan manis.

Museum

Keberadaan museum sebagai destinasi wisata edukasi bagi anak-anak, sudah tidak perlu diragukan lagi. Museum pada umumnya menyimpan barang-barang koleksi yang memiliki nilai sejarah dan ilmu pengetahuan yang tinggi, seperti sisa perang, temuan sejarah, peninggalan masa purba, dan lainnya.

Di museum, anak tentu akan mengetahui berbagai sejarah panjang tentang barang-barang yang ada di museum tersebut. Jadi, tak hanya mengetahui kehidupannya di masa sekarang, anak juga tahu kehidupan yang jauh sebelum mereka dilahirkan.

Kebun Binatang

Selain usia anak-anak, nyatanya orang dewasa pun gemar pergi ke kebun binatang. Hal ini tak lepas dari banyaknya hewan yang ada di tempat tersebut, mulai dari yang jinak hingga buas. Di kebun binatang, ada banyak hal yang dapat dipelajari anak-anak, beberapa di antaranya mengenal beragam jenis hewan dan mengajarkan mereka untuk menjaga kelestarian hewan-hewan tersebut.

Desa Wisata

Destinasi lainnya yaitu berkunjung ke desa wisata. Di sana anak-anak bisa mengenal lebih dekat adat istiadat masyarakat daerah tempat tinggalnya. Selain itu juga, bisa mengetahui hasil kerajinan serta seni budaya daerah asal ia tinggal dan dibesarkan. Pengetahuan anak pun tak terbatas dengan suasana perkotaan saja.

Nah tunggu apalagi, segera ajak anak-anak ke destinasi wisata edukasi agar bisa belajar sambil bermain dan berwisata bersama keluarga. Mulailah dengan destinasi yang terdekat dari rumah!*** (IG/sumber: pesona.travel)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya