Lima Desa Peraih ADWI 2021 ini Berasal Dari Jawa Barat, Siapa Saja?

KLIKNUSAE.com - Lima desa peraih ADWI 2021 berasal dari provinsi Jawa Barat (Jabar). Mereka berhasil meraih  juara dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Ke-5 desa tersebut berhak menerima penghargaan bergengsi yang  bertema "Dari Desa, Indonesia Bangkit" dengan subtema "Desa Wisata Kelas Dunia, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan." Tersebut.

Dalam anugerah yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut, ada 1.831 desa dari 34 provinsi di Indonesia ikut berpartisipasi.

Dari 1.831 desa tersebut, terpilih 50 desa wisata terbaik berdasarkan tujuh kategori, yakni kategori daya terik wisata (alam dan buatan, serta seni budaya), kategori homestay, kategori souvenir (fashion, kriya, dan kuliner), kategori CHSE, kategori toilet umum, kategori konten kreatif, dan kategori desa digital.

BACA JUGA: Kemenparekraf Abadikan 50 Desa Wisata Terbaik ADWI Dalam Buku

Adapun lima desa peraih ADWI asal Jabar yang meraih juara, yakni;

  • Desa Gegesik Kulon Kabupaten Cirebon (Juara 2 Kategori Konten Kreatif)
  • Alam Endah Kabupaten Bandung (Juara 2 Kategori Desa Digital)
  • Ciburial Kabupaten Garut (Juara 2 Kategori Toilet Umum)
  • Cisande Kabupaten Sukabumi (Juara 5 Kategori Toilet Umum)
  • Desa Selasari Kabupaten Pangandaran (Juara 4 Klasifikasi Khusus Desa Wisata Maju ADWI 2021).

BACA JUGA: Best Tourism Village 2021, Menjadikan Desa Wisata Nglanggeran Viral

"Acara ini digelar untuk meningkatkan kompetensi desa wisata di Indonesia sesuai dengan potensi dan keunggulannya masing-masing, agar sektor pariwisata terus berkembang terutama di desa," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya, Selasa (7/12/2021) malam.

Menurut Sandiaga Uno, dunia pariwisata saat ini bisa menjadi milik desa. "Oleh karena itu temanya adalah Dari Desa, Indonesia Bangkit," ucapnya.

Penilaian desa wisata terbaik dijaring dari 1.831 desa wisata yang ikut berpartisipasi. Kemudian, disaring menjadi 300 desa, 100 desa, dan akhirnya terpilih 50 Desa Wisata Terbaik dalam ADWI 2021. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya