Indonesia dan UNWTO Jajaki Kolaborasi Pengembangan Desa Wisata

KLIKNUSAE.com - Indonesia dan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) membangun kolaborasi dalam pengembangan desa wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bahkan telah melakukan pertemuan dengan dengan Secretary General UNWTO, Zurab Pololikashvili. 

Pertemuan tersebut dilakukan setelah keduanya menghadiri Joint Meeting of the UNWTO Commission for East Asia and The Pacific (CPA) and the UNWTO Commission for South Asia (CSA) di Sokha Residence, Phnom Penh, Kamboja, Kamis 15 Juni 2023 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus mengapresiasi pelaksanaan CAP - CSA di Kamboja. 

BACA JUGA: Indonesia Tawarkan Diri Sebagai Dewan Eksekutif UNWTO, Apa Untungnya?

Begitu juga atas dukungan UNWTO untuk pelaksanaan International Tourism Investment Forum yang akan dilaksanakan di Bali pada Juli 2023. 

Lewat forum tersebut, Menparekraf berharap kerja sama antara UNWTO - Indonesia dan UNWTO ASEAN semakin erat.

Selain itu, Indonesia mengharap dukungan UNWTO dalam pencalonan Executive Council.

Dan mengundang Zurab Pololikashvili untuk menyaksikan penyerahan plakat Best Tourism Village 2021 untuk Desa Wisata Nglanggeran, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

BACA JUGA: Bupati Gunungkidul Dorong Masa Tinggal Wisatawan Lebih Lama Lagi

Rencananya, plakat ini akan diberikan UNWTO kepada Kedubes Indonesia yang mewakili Menparekraf di Madrid, Spanyol, pada Juni 2023.

"Terima kasih banyak atas kehormatan ini. Ini merupakan momen spesial untuk Indonesia karena Desa Nglanggeran di Gunung Kidul Yogyakarta mendapatkan penghargaan Best Tourism Village," kata Sandiaga Uno.

Desa Nglanggeran

Harapannya penghargaan ini dapat menginspirasi ribuan desa wisata yang ada di Indonesia untuk menjadi desa terbaik.

Harapannya agar penghargaan kepada Desa Nglanggeran ini dapat semakin menginspirasi desa wisata lainnya dalam menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru di tahun 2024," katanya. 

BACA JUGA: Traveloka Dorong Transformasi Digital untuk Pengembangan Pariwisata Yogyakarta

Hal senada disampaikan Sekjen UNWTO, Zurab Pololikashvili, yang mengaku sangat berbahagia menyambut kedatangan Menparekraf Sandiaga. 

Ia optimistis desa wisata akan memperkuat pariwisata Indonesia ke depan. 

"Saya ingin menyampaikan pesan dan salam terbaik untuk mereka yang ada di desa tersebut,” ujarnya. 

“Saya yakin ini akan membawa sektor pariwisata di Indonesia ke depan dan kita berharap akan lebih banyak hal yang lebih memajukan pariwisata dunia. Terima kasih," sambung Zurab. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya