Wishnutama Ingin Masyarakat Terdampak Event MotoGP Mandalika

Kliknusae.com - Menjadi tuan rumah pelaksanaan event internasional MotoGP, Indonesia bertekad akan menjadikan momentum ini sebagai upaya menggenjot kunjungan wisatawan.

Caranya, semua pihak harus  all out untuk bisa memberikan pelayanan terbaik. Termasuk dalam proses pembangunan venue yang akan dijadikan tempat berlaga.

"Pembangunan yang kita usahakan seperti sekarang ini harus punya dampak lapangan pekerjaan, job creation, itu yang penting, nah itu baru akhirnya menjadi kesejahteraan buat masyarakat," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama saat melihat keindahan alam pantai Kuta Mandalika, Rabu (27/11/2019)

Wishnu berharap perhelatan MotoGP di Mandalika Lombok ini menjadi event MotoGP terbaik  di dunia.

"MotoGP itu akan jadi event MotoGP yang terbaik yang pernah ada, Insya Allah," ungkapnya.

Dalam kunjungannya, Wishnu menegaskan, masyarakat setempat harus terlibat terdampak dari pembangunan, dan bisa berdampak ke pada perekonomian masyarakat setempat.

Sebelumnya, Wishnu sangat terpesona dengan keindahan alam Pantai Kuta yang berada di KEK  Mandalika Lombok.

"Kuta Mandalika jelas suatu pemandangan yang sangat indah, dan di sini pokoknya luar biasa," tambahnya.

Wishnu mengatakan, saat ini kita hanya perlu meningkatkan trafik dan konektivitas agar wisatawan lebih banyak berkunjung ke Lombok.

Dalam kunjungan kerja ke Destinasi Super Prioritas Mandalika itu salah satunya Menparekraf memang ingin melihat progress persiapan MotoGP.

"Kami ingin melihat langsung perkembangan pembangunan KEK Pariwisata, infrastruktur pendukung, dan street circuit di Mandalika yang akan dipersiapkan sebagai tuan rumah MotoGP pada 2021," kata Wishnu.

Pemerintah telah membangun infrastruktur pendukung diantaranya jalan, listrik, air bersih, jaringan internet, yang akan dilanjutkan pada 2020.

Bahkan, insentif fiskal dan non fiskal juga akan diberikan untuk menarik investasi yang lebih besar ke Mandalika.

Wishnu hadir di Mandalikan didampingi Wakil Menteri Parekraf  Angela Tanoesoedibjo, Zulkieflimansyah Gubernur NTB,Veranita CEO Indonesia Air Asia,Barry Dirut ITDC.

Wishnutama berjanji akan terus mengawal perkembangan proyek ini hingga selesai dengan berkoordinasi bersama kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, pihak ITDC dan masyarakat NTB tentunya.

"Kami ingin kawasan Mandalika bukan hanya sekadar menjadi destinasi wisata baru, tapi akan menjadi ruang ekosistem baru untuk tumbuh, hidup, dan berkembangnya industri kreatif," jelasnya.

Bagi Kemanparekraf, Mandalika akan membawa dampak terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan ,yang paling utama adalah membawa manfaat nyata untuk kesejahteraan masyarakat.

Sirkuit Jalan Raya

Seperti diketahui Sirkuit Mandalika bakal jadi saksi perdana MotoGP Indonesia 2021. Berada berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sirkuti ini memiliki konsep sirkuit jalan raya.

Beberapa orang mengartikan 'jalan raya' itu sebagai sirkuit MotoGP yang kurang berkelas. Padahal sesungguhnya, sirkuit MotoGP Indonesia ini justru punya desain dan layout yang mutakhir.

Sementara itu  Pembalap legenda MotoGP sekaligus juara dunia 5 kali GP500, Michael 'Mick' Doohan menyebut kalau sirkuit jalan raya di MotoGP bukan sesuatu yang baru.

"Jadi ini (sirkuit Mandalika) bukan sirkuit jalanan pertama, sudah ada beberapa sebelumnya," ungkap Mick Doohan yang dikutip dari Otorace.id.

"Sirkuit jalanan sebenarnya sudah ada di kalender MotoGP 30 tahun lalu," lanjutnya.

Bahkan, Mick Doohan menuturkan sirkuit Mandalika sebagai tempat MotoGP Indonesia 2021 merupakan suatu hal yang bagus.

Pembalap yang juga berbisnis kapal pesiar tersebut mengaku belum pernah balapan dunia di jalan raya.

"Mandalika memang sirkuit jalanan, tapi bukan 'sirkuit jalanan' karena dari segi desain dan layout, sirkuit Mandalika punya run-off layaknya sirkuit modern," jelas Doohan.

Menurutnya,  kalau tidak memiliki run-off layaknya sirkuit modern, tidak mungkin MotoGP akan mau menggelar balapan di Mandalika.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya