ASITA: Paket Piala Dunia U-20 Harus Segera Disiapkan

Kliknusae.com - Ada tiga stadion di Jawa Barat yang masuk kandidat venue Piala Dunia U-20 pada 2021 menatang. Stadion tersebut adalah Stadion Pakansari Kabupaten Bogor,Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Terkait sebagai penyenggara Piala Dunai U-20 tersebut, Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) Jawa Barat Budijanto Ardiansjah meminta agar pemerintah daerah Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan maupun Dinas Pemuda dan Olahraga untuk segera merapatkan barisan.

"Memang belum ada kepastian Jawa Barat mendapatkan berapa venue. Namun ada baiknya pemda segera mengumpulkan pelaku industri pariwisata untuk membuat paket wisata bagi para tamu yang akan datang," kata Budijanto ketika dihubungi Kliknusae.com,Minggu (03/11/2019).

Menurut Budijanto, moment ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menarik wisatawan asing. Terutama mereka yang akan ikut berlaga di kesempatan tersebut. Apakah itu, para official,pendukung, maupun keluarga atlet itu sendiri.

"Saya memang belum mengecek lagi ya, nanti Jawa Barat dapat bagian berapa venue. Tapi kalau pun hanya mendapatkan satu,tetap harus kita persiapkan dari sekarang. Apa yang akan kita jual," kata pria tang akrab disapa Budi ini.

Bagi ASITA sendiri pengalaman sebagai salah satu pendukung perhelatan seperti Asian Games telah membuktikan bahwa para atlet,official dan pendukung menyatakan puas dengan apa yang ditawarkan.

"Persoalannya, ini kan waktunya mepet. Oleh sebab itu, harus segera kita diskusikan, venue mana saja yang mau kita jual sehingga dari sekarang sudah bisa dibuatkan paketnya," kata Budi.

Seperti pada pelaksanaan Asean Games 2018, Kementerian Pariwsata ketika itu hanya memfasilitasi para tour-tour di bawah Asosiasi Agen Tur dan Travel Indonesia (Asita) dalam merancang paket destnasi.

Baru  untuk penjualan semua wewenang kembali ke agen-agen wisata tersebut.

"Yang menjual bukan Kemenpar tapi para tour agent, bekerja sama dengan Inasgoc waktu itu. Menjual dengan sistem kuota tiap destinasinya. Waktu persiapannya juga panjang. Untuk Piala Dunia U-20 efektif hanya hitungan bulan ya," lanjut Budi.

Sebagaimana diketahui Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menyiapkan 10 stadion laga Piala Dunia U-20 tersebut.

Stadion tersebut terdiri dari Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat nomor punggung 21 yang bermakna keberhasilan Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Momen tersebut merupakan bagian dari acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA yang dilaksanakan di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019).

MoU tersebut berbicara tentang pengembangan dan peningkatan sepak bola dengan tujuan mendorong pembangunan sosial serta gaya hidup sehat di kawasan.

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi dan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya