Uzbekistan Rice Plov, Hidangan Tradisional Cocok untuk Menu Iftar Ramadan

Klik nusae - Saat bulan Ramadan biasanya ramai dengan kegiatan Iftar (buka puasa bersama). Hampir setiap tempat makan seperti hotel, restoran, hingga kafe menyediakan menu andalan Iftar Ramadan.

Tersedia ragam menu hidangan Iftar, mulai dari hidangan Indonesia, Western, dan Timur Tengah. Nah, ada satu hidangan khas Timur Tengah asal Uzbekistan yang cocok untuk momen berbuka puasa bersama keluarga, teman, atau kolega. Uzbekistan Rice Plov nama hidangannya.

Di negara asalnya, hidangan tradisional Rice Plov (palov atau osh atau pilaf) merupakan hidangan wajib saat pesta pernikahan. Namun telah berkembang menjadi hidangan utama kala menjamu tamu, pesta perayaan, momen liburan, terkadang disajikan hingga 1000 porsi. Kini berkembang lagi menjadi menu Iftar atau buka puasa bersama.

Uzbekistan Rice Plov ini boleh dibilang sebagai nasi gorengnya Uzbekistan. Berupa nasi yang digoreng dan dicampur dengan potongan daging biasanya kambing namun banyak juga diganti dengan daging sapi atau ayam. Dibumbui dengan rempah-rempah khas Uzbek dilengkapi taburan parutan wortel, cabai kering, dan bawang bombai. Dimasak di kazan (atau deghi) di atas api terbuka, kacang arab, kismis, berberis, atau buah-buahan dapat ditambahkan untuk variasi.*** (IG/berbagai sumber)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya