Pengusaha Terkenal Asal Malaysia Tan Sri Dato Ingin Bangun Masjid “Al-Jabbar”

KLIKNUSAE.com – Pengusaha terkenal asal Malaysia Tan Sri Dato' Seri Syed Mohd Yusof bin Tun Syed Nasir mengunjungi Masjid Al-Jabbar di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam kunjungan tersebut, Tan Sri Dato didampingi Ridwan Kamil—sang arsitek Masjid Al-Jabbar dan Tokoh Pariwisata sekeligus pengusaha Henry Husada.

“Teman saya Tan Sri Dato ini berminat membangun masjid seperti Al-Jabbar di Malaysia. Dan saya merekomendasikan agar arsiteknya Pak Ridwan Kamil,” kata Henry kepada Kliknusae.com, Selasa 13 Agustus 2024.

Saat melihat-lihat berbagai sisi masjid, lanjut Henry, Tan Sri Dato terlihat sangat terkesan dan kagum dengan arsitek masjid yang dibangun pada 29 Desember 2017 ini.

Ketika itu, peletakan batu pertamanya dilakukan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat saat itu, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar.

Sedangkan desain masjidnya sendiri sudah disiapkan Ridwan Kamil—yang juga mantan Gubernur Jawa Barat periode 2018 – 2023, sejak tahunn 2015.

BACA JUGA: Indonesia-Malaysia Bangun Koridor Perjalanan Wisata Bersama

Banyak hal yang ditanyakan  Tan Sri Dato saat berada di Masjid Al-Jabbar, Sabtu 10 Agustus 2024 itu.

Mulai dari proses pembangunan hingga pilihan arsitektur yang dilakukan Ridwan Kamil.

Modern Kontemporer

Dijelaskan Ridwan Kamil bahwa Masjid Raya Al Jabbar dirancang dari perpaduan arsitektur modern kontemporer.

Yakni, dengan aksentuasi masjid Turki yang dihiasi seni dekoratif khas Jawa Barat. Bangunan utama masjid tidak memisahkan dinding, atap, dan kubah.

BACA JUGA: Dibalik Sukses Konser iKON, Ada Peran Besar Jojo Event, Minat ke Indonesia?

Melainkan hasil peleburan ketiganya menjadi satu bentuk setengah bola raksasa.

Selanjutnya, ketiga sisi bangunan masjid dikelilingi sebuah danau besar yang, ibarat cermin, merefleksikan masjid menjadi berbentuk bulat utuh.

Pada malam hari, kerlip tata cahaya menambah keindahan masjid. Selain keindahan, danau memiliki fungsi penting lain; sebagai retensi banjir sekaligus penyimpan air.

“Semua hal tersebut memang direncanakan dengan sangat seksama oleh pak Ridwan Kamil,” jelas Henry Husada.

Siapa Tan Sri Dato?

Ia adalah seorang investor terkemuka di bidang bisnis Malaysia. Dikenal karena membawa banyak waralaba dan merek terkemuka ke negara tersebut. Seperti Hard Rock Cafe, Concorde Hotel, dan Nobu.

Di negeri Jiran tersebut Tan Sri Dato juga merupakan Ketua Venus Assets, yang investasinya di bidang bisnis lokal telah menghasilkan masuknya banyak jaringan internasional.

Tahun lalu perusahaannya membuka Four Seasons Place yang bergengsi di Segitiga Emas Kuala Lumpur.

Begitu pun pertemannya dengan Henry Husada sudah cukup lama. Bahkan dalam suatu kesempatan konser music, Henry dan Tan Sri Dato selalu berjumpa. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya