Kalahkan Yogyakarta dan Bali, Jabar Raih Penghargaan Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia 2023

KLIKNUSAE.com - Berhasil mengalahkan Yogyakarta dan Bali, Provinsi Jabar raih penghargaan dalam Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) 2023.

Provinsi berpenduduk lebih dari 50 juta ini  menjadi punggawa di tingkat nasional terkait keindahan dan keragaman destinasi.

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Tidak hanya menyingkirkan "rival berat" Jogja dan Bali, Jawa Barat juga mengungguli DKI di peringkat dua dan Jawa Timur di tempat ketiga.

BACA JUGA: Ingin Beriwisata Ke Pemukiman Suku Baduy, Ikuti Aturan ini

"Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan BBWI tingkat nasional untuk Kategori Jawa dan Bali," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Benny Bachtiar.

"Ini merupakan bukti bahwa kerja keras kita membawa hasil. Semoga kita ke depan semakin semangat untuk mewujudkan Jawa Barat juara lahir batin di sektor pariwisata," tambahnya.

Dalam mengikuti ajang ini, Jawa Barat menempatkan wilayah Cirebon Raya sebagai bahan penilaian. Dan, keputusan ini membuahkan hasil dengan Jabar raih penghargaan bergengsi tersebut.

Hal tersebut dipilih karena Cirebon Raya dengan segala potensi yang dimilikinya dinilai mampu menjadi gerbang pariwisata seperti halnya Bogor Raya, Bandung Raya serta Jabar selatan.

BACA JUGA: Konsisten, ibis Styles Bogor Pajajaran Raih Penghargaan TripAdvisor Hotel Pilihan Wisatawan

Kategori Pemenang BBWI

Berikut daftar pemenang pada kategori Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan 2023:

Kawasan Sumatra:

Pemenang 1 : Sumatra Barat
Posisi ke-2   : Kepulauan Riau
Posisi ke-3   : Lampung

Jawa & Bali:

1. Jawa Barat
2. DKI Jakarta
3. Jawa Timur

Kalimantan dan Nusa Tenggara:

1.Nusa Tenggara Barat
2. Kalimantan Timur
3. Kalimantan Tengah

Sulawesi, Maluku, dan Papua:

1. Sulawesi Tenggara
2. Sulawesi Tengah
3. Sulawesi Utara

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya