Ganjar Pranowo Sebut Ada Peran Kuat Tokoh Tionghoa Dalam Merebut Kemerdekaan

KLIKNUSAE.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengemukakan ada peran kuat tokoh Tionghoa dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Jejak sejarah ini, tentu saja tidak bisa dilupakan. Yakni, bagaimana etnis Tionghoa juga mengambil peran penting dalam menata Indonesia dari sejak perjuangan kemerdekaan hingga saat ini.

Calon Presiden dari PDIP ini menyebutkan peran dua tokoh Tionghoa dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Yaitu, Laksamana Muda TNI John Lie atau Jahja Daniel Dharma. Dan Yap Tjwan Bing, yang menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

"Sejak Indonesia lahir mereka sudah banyak berperan juga. Hanya mungkin tidak terlalu populer saja. Makanya tadi saya ingatkan dan kaget dengan nama-namanya," kata Ganjar saat menghadiri pelantikan KetuaPaguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI)  Jawa Tengah Bambang Wuragil di Hotel Aruss, Semarang, Selasa malam 8 Agustus 2023.

Oleh sebab itu, lanjut Ganjar, peran kuat tokoh Tionghoa dalam masa-masa perjuangan tersebut patut menjadi inspirasi untuk membangun negeri ini secara bersama-sama.

Hadir dalam acara pelantikan ini Ketua Dewan Kehormatan PSMTI Pusat Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta, Wakil Ketua Umum Koordinasi Wilayah DKI, Jabar, dan Banten Henry Husada serta beberapa undangan lainnya.

Gubernur Ganjar  mengaku senang melihat aksi-aksi PSMTI dalam bidang sosial, budaya, dan pendidikan.

BACA JUGA: PSMTI Terus Berkomitmen Pentingnya Merawat Nilai-nilai Kebangsaan

Berkontribusi Bagi Negeri

"Saya senang dari pemimpinnya menyampaikan bagaimana kita merawat Indonesia. Itu menurut saya sesuatu yang penting sehingga nilai-nilai inilah yang mesti kita kawal terus menerus," katanya.

Sementara itu Hari Tanoesoedibjo (HT) berharap PSMTI terus berkontribusi bagi negeri.

"Selamat dan sukses atas pelantikannya, terus berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara, memperkokoh Persatuan Indonesia," ujar HT.

Ditempat yang sama, Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta menjelaskan, saat ini PSMTI memasuki usia 25 tahun.

BACA JUGA: Penampilan Muslim Xinjiang Memukau Penonton Festival Hijriah

PSMTI adalah organisasi terbesar di Indonesia, berada di 32 provinsi terdiri 300 kabupaten/kota se-Indonesia dengan pengurus terdata sekitar 600.000 orang.

“Dimana 80% sampai 90% anggotanya adalah pengusaha. Ada juga guru, pendidik, dosen. PSMTI organisasi Tionghoa yang bergerak di bidang sosial, budaya, pendidikan," ujarnya.

Hal senada juga dikemukakan Henry Husada Wakil Ketua Umum sekaligus CEO Kagum Group bahwa kiprah PSMTI terus berjalan sesuai dengan tuntutan zaman.

“Kepada Pak Bambang Wuragil yang baru dilantik, kiranya bisa  berkoordinasi dengan pemerintah dan masyarakat umum untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Jateng,” pesan Henry. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya