Tari Kandangan dari Jawa Barat Bakal Membahana di Istana Merdeka

KLIKNUSAE.com - Kemeriahan Peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka nampaknya akan semakin mempesona dengan kehadiran Tari Kandangan dari Provinsi Jawa Barat.

Tari Kandangan, yang merupakan kebanggaan masyarakat Jawa Barat, akan tampil memukau di panggung bergengsi pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Dalam rangka mendukung keikutsertaan tarian tradisional ini jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat telah melakukan peninjauan persiapan di Gedung Juang 45, Kabupaten Bekasi, Sabtu 29 Juli 2023.

Terjun langsung dalam peninjauan tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar didampingi oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Febiyani.

BACA JUGA: Kepala Dinas Pariwisata Se-Jabar akan Hadiri Rakerda III PHRI di Pangandaran

Tak kurang dari 100 penari berbakat dari berbagai sanggar yang ikut berpartisipasi dalam penampilan luar biasa ini.

Mereka berasal Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Keistimewaan Tari Kandangan yang berhasil terpilih untuk mewakili Jawa Barat di perhelatan besar ini memberikan bukti akan daya tarik tersendiri dari kesenian tradisional tanah Sunda.

"Kita mendukung atas perintah dari pusat untuk menampilkan salah satu kesenian tradisional yang ada di Jawa Barat. Ini adalah kebanggaan bagi Jawa Barat, keseniannya bisa tampil di istana," kata Benny Bachtiar.

BACA JUGA: UNPAD Tourism Fest Sukses, Dari Talkshow Hingga Campus Gateball Competition

Daya Tarik Wisatawan

"Ini bisa membuktikan bahwa tarian tradisional dapat menjadi daya tarik wisatawan karena ada tampilan aktraksi seni budaya," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, beliau memberikan pesan kepada para penari agar memberikan penampilan terbaik mereka pada acara puncak peringatan HUT RI nanti.

Menurutnya, momen besar ini merupakan kesempatan emas untuk memperlihatkan keindahan seni budaya Jawa Barat kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Tak hanya dari pihak pemerintah, apresiasi juga datang dari Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut.

BACA JUGA: Pesta Rakyat Kota Bekasi, Hadirkan Bazar Produk Kreatif UMKM

Ia menyatakan kebanggaannya karena Tari Kandangan berhasil dipilih untuk memeriahkan perayaan di Istana Merdeka. Beliau berharap, kehadiran Tari Kandangan akan menjadi inspirasi bagi generasi muda. Utamanya, dalamĀ  mencintai dan melestarikan seni budaya Jawa Barat.

"Terima kasih, perjuangan kalian luar biasa. Saya merasa bangga karena kalian anak-anak muda yang tetap mencintai tarian tradisional Jawa Barat. Mudah-mudahan kalian jadi generasi pewaris yang hebat dan mewariskan kembali ke generasi selanjutnya," tambahnya.

Acara penampilan Tari Kandangan di Istana Merdeka akan disaksikan oleh berbagai perwakilan. Termasuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

BACA JUGA: Gubernur Jabar Berharap dari Connecti:City Lebih Banyak Terbangun Kesepahaman

Lalu juga Kepala Dinas Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, serta kurator tari yang tidak kalah terkemuka, Eko Supriyanto.

Tidak diragukan lagi, Tari Kandangan dari Jawa Barat akan memberikan sentuhan magis pada momen bersejarah peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Semoga keindahan tarian tradisional ini dapat menginspirasi masyarakat luas untuk mencintai dan melestarikan warisan budaya Nusantara. ***

Share this Post:

Berita Terkait