Kemenparekraf Siapkan Diskon Tiket Pesawat dan Kamar Hotel, Sambut Libur Lebaran

KLIKNUSAE.com – Satu terobosan yang dilakukan Kemenparekraf dalam menyambut libur Hari Raya Idul Fitri yakni menyediakan diskon tiket pesawat.

Tak hanya itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga menyiakan promo untuk kamar hotel.

Termasuk, diskon untuk paket-paket desa wisata dalam rangka menyambut libur lebaran tersebut.

“Menjelang Ramadhan dan mudik Lebaran 2023 Kemenparekraf akan berkolaborasi dengan beberapa mitra dan pelaku pariwisata serta ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, Selasa 11 April 2023.

BACA JUGA: Menteri Sandiaga Uno Diarak ‘Emak-emak’ Saat Berkunjung ke Desa Cibeusi

Kolobari yang dimaksud yakni , dengan menyediakan diskon tiket pesawat, promo untuk kamar hotel dan diskon untuk paket-paket desa wisata.

“Sehingga nantinya desa wisata yang tersebar di berbagai jalur-jalur yang dilintasi pemudik di Pulau Jawa dapat dikunjungi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Sandiaga pun mengatakan bahwa industri pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan dapat memanfaatkan momen mudik ini secara maksimal.

Yaitu, dengan memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang akan berkunjung ke berbagai destinasi di Indonesia.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Jajal Trek Run Sari Ater, Lari Lebih 5 Km

“Tahun ini akan ada 123,8 juta wisatawan yang diprediksi akan melakukan perjalanan libur lebaran 2023. Momen ini akan mampu menciptakan dua hingga tiga kali pergerakan dari total pergerakan tersebut,” katanya.

“Sehingga kami menargetkan 25 persen atau di angka 300 sampai 350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara tahun ini akan tercapai,” sambung Sandiaga.

Surat Imbauan

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah wisatawan saat lebaran nanti, Sandiaga menjelaskan Kemenparekraf akan terus berkoordinasi dengan perangkat daerah dan stakeholder.

BACA JUGA: ‘Hantu-hantu’ Asia Afrika Ikut Kebagian Berkah di Libur Lebaran

Diharapkan semua pihak selalu memperhatikan aspek-aspek yang berkaitan dengan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment), terutama keselamatan dan keamanan.

Kemenparekraf juga akan mengeluarkan Surat Imbauan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023 kepada seluruh Dinas Pariwisata Provinsi di Indonesia.

Surat imbauan ini,  untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata agar menerapkan protokol keselamatan dan kesehatan yang baik.

BACA JUGA: Tips Mudik Lebaran Tahun 2023 agar Lebih Nyaman, Ikuti 3 Hal Ini

“Pemerintah Daerah tentunya diharapkan membentuk satuan tugas yang melibatkan lintas OPD untuk mengawasi kawasan objek wisata dan aktivitas pengunjung,” paparnya.

Selain itu, Dinas Pariwisata juga diimbau untuk dapat memantau ke lapangan. Melakukan monitoring dan evaluasi kesiapan sarana prasarana di seluruh kawasan objek wisata.

“Kami juga berkoordinasi dengan K/L terkait salah satunya Korlantas Polri untuk memetakan beberapa lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan selama libur lebaran,” tandasnya.

BACA JUGA: Bridgestone Tire Indonesia Tambah Outlet di Jabar, Sambut Mudik Lebaran

Khususnya di tempat wisata yang sering dikunjungi untuk kebutuhan rekayasa lalu lintas, rambu-rambu dan petunjuk portable untuk wisatawan juga harus disiapkan.

Terakhir, Sandiaga memaparkan bahwa Kemenparekraf juga akan terus memastikan ketersediaan transportasi resmi.

Tak terkecuali, kesiapan tempat peristirahatan untuk pengemudi, protokol kesehatan, pelayanan dan pengamanan bagi wisatawan. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya