Rakerda III DPD PUTRI Jawa Barat Lahirkan Rekomendasi, Apa Saja?

KLIKNUSAE.com – Rakerda III DPD PUTRI Jawa Barat melahirkan pokok-pokok pikiran atau rekomendasi yang disampaikan kepada pemerintah.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPD PUTRI) Jawa Barat ini berlangsung di Liwet Astro Stroberi Wastukencana, Kota Bandung, Kami 16 Maret 2023.

Rakerda ini sendiri diikuti seluruh perwakilan pengelola wisata se-Jawa Barat dan DPC PUTRI. Diantaranya Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Garut dan beberapa daerah lainnya.

Dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jawa Barat Benny Bachtiar dengan dihadiri seluruh pengurus DPD PUTRI Jawa Barat.

Hadir juga  Sekjen DPP PUTRI Heni Smith, Dewan Penasehat PUTRI Jabar Wahyu Nugroho Heru Cahyo (Direktur Utama PT Jasa dan Kepariwisataan Jabar (perseroda), Henry Husada Founder Kagum Grup dan undangan lainnya.

BACA JUGA: DPC PUTRI Kabupaten Subang Dikukuhkan, Sekali Maju Pantang Mundur

Benny Bachtiar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas eksistensi PUTRI yang dinilai sangat membantu pemerintah dalam tata kelola pariwisata.

Ia pun berharap PUTRI  bisa terus melakukan kolaborasi. Tidak saja dengan pemerintah, akademisi.

Namun lebih jauh dari itu, yakni bagaimana objek wisata yang besar bisa membina desa wisata yang ada di sekitarnya.

“Dalam setiap kesempatan Pak Gubernur selalu menyampaikan bahwa dalam pengembangan wisata, kita harus tetap memperhatikan kearifan lokal. Termasuk, terus menjaga ekosistem agar tidak terjadi alih fungsi pertanian, menjadi kawasan wisata yang tak terkontrol,” tambahnya.

Program DPP PUTRI

Sementara itu Heni Smith dalam kesempatan yang sama menyampaikan beberapa program DPP PUTRI yang saat ini sedang berjalan.

BACA JUGA: DPD PUTRI Jabar Salurkan Bantuan Gempa Cianjur, Ada Stimulan Rp60 Juta

“Kita juga sudah melakukan kerjasama dengan Malaysia. Membangun kolaborasi dengan asosisasi pariwisata Malaysia untuk bersama-sama mengembangkan sektor pariwisata,” ungkapnya.

DPP PUTRI juga akan menyelenggarakan event terbesar di ASIA, berupa pameran destinasi wisata pada bulan September.

“Ada 120 negara lebih yang akan terlibat dan ikut dalam event ini,” ungkapnya.

Pada Rakerda III 2023 ini berjalan cukup lancar. Bertindak selaku pimpinan sidang Ketua DPD PUTRI Jawa Barat Taufik Hidayat Udjo.

BACA JUGA: DPD PUTRI Sumut Siap Bantu Penyaluran Rp 1 Miliar Donasi Korban Bencana Cianjur

Didampingi Sekretaris Asep Haelusna (Asep Stroberi), Herrie Hermanie Soewarma (Ketua I), Nana Mulyana (Ketua II), Dadan Riza Wardana (Ketua IV), dan Rubiyanto Halim (Bendahara).

Banyak pembahasan yang disampaikan dalam sidang komisi sehingga melakukan pokok-pokok pikiran (rekomendasi) yang akan disampaikan kepada pemerintah daerah Jawa Barat.

Point Rekomendasi

Berikut point-point rekomendasi kepada pemerintah provinsi Jawa Barat:

  • Kami mengusulkan perlu Jawa Barat mempersiapkan salah satu Destinasi Unggulan yang akan menjadi Unggulan Destinasi Nasional Jawa Barat. Kami menyarankan Destinasi Pariwisata Pangandaran dan Geopark Ciletuh Sukabumi bisa masuk dalam 10 Destinasi Baru.
  • Untuk peningkatan kunjungan Wisman dan Wisnus ke Jawa Barat kami mendorong Pemerintah untuk segera mempersiapkan Peta Perjalanan Wisata antara lain:
  • Gedebage - Garut — Tasik — Ciamis — Banjar — Pangandaran Cilacap. Kemudian Bogor — Ciawi - Sukabumi
  • Dalam rangka peningkatkan wisatawan ke Pangandaran maka perlu untuk di aktifkan kembai jalur Kereta Api Banjar — Pangandaran, perlu dipersiapkan agar PT. Kereta Api Indonesia adanya Gerbong Khusus Pariwisata kelas 1 sebagai rangkaian Kereta Api ke Pangandaran dan Sukabumi.
BACA JUGA: Okupansi Hotel di Jawa Barat Terendah Dibanding 5 Kota Besar Ini

Kolaborasi bersama Asosiasi

  • Perlu segera melakukan Revitalisasi Bandara Nusa Biru Pangandaran
  • Dalam rangka pemulihan Ekonomi Pariwisata Jawa Barat sebagai kelanjutan dari Program Komite Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat (KPED), maka sangat di harapkan agar Pemerintah dapat melakukan kolaborasi bersama Asosiasi- Asosiasi, Praktisi, Akademisi, untuk memperoleh kebijakan kebijakan yang tepat dan terarah.
  • Dalam meningkatkan kunjungan Wisman dan Wisnus ke Jawa Barat maka diharapkan Pemerintah untuk mengaktifkan kembali Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat yang secara professional dapat mempromosikan potensi — potensi Pariwisata Jawa Barat ke Daerah- Daerah dan Mancanegara.
  • Pemerintah diharapkan bersama dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dapat lebih meningkatkan penyuluhan perihal "Sadar Wisata" dan "Sapta Pesona" (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan)
  • Pemerintah diharapkan bersama sama dengan Perbankan dapat memberi kebijakan dan kemudahan dalam hal memperoleh Modal Pemulihan (recovery) bagi Pelaku Wisata yang ingin membuka, mengembangakan dan membenahi Destinasi yang porak - poranda sebagai dampak COVID — 19.
  • Pemerintah bisa memfasilitasi untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan di objek-objek wisata. ***
Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya