8 Hotel di Bali Lolos Asesmen untuk Tamu G20, Ini Daftarnya

KLIKNUSAE.com - Sebanyak 8 hotel di Bali dinyatakan lolos asesmen (penilaian) untuk menjadi tempat menginap para tamu asing KTT G20.

Penilaian terhadap ke-8 hotel di Bali tersebut dilakukan pemerintah Provinsi Bali bersama Polda Bali, bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Hasil asesemen tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati kepada general manager delapan hotel tersebut di Nusa Dua, Badung, Jumat 19 Agustus 2022.

Ia pun berharap pencapaian itu bisa diikuti oleh hotel-hotel lainnya di Bali.

BACA JUGA: Bali Kalahkan Amerika, Dinobatkan Sebagai Tempat Paling Bikin Bahagia

“Saya harapkan tidak hanya hotel besar saja yang melaksanakan asesmen ini. Tetapi juga hotel lain yang ada di Bali. Dengan sertifikat, hotel lain dapat menerima tamu (dengan standar) keamanannya,” Wakil Gubernur Bali yang akrab disapa Cok Ace.

Penerapan Sistem Pengamanan Akomodasi Pariwisata

Sementara itu, Sekretaris PHRI Provinsi Bali Perry Markus menjelaskan penilaian itu merupakan hasil asesmen terhadap penerapan Sistem Manajemen Pengamanan Akomodasi Pariwisata.

Dimana, penilaiannya terdiri atas 180 kriteria. Skor atau nilai yang diperoleh oleh hotel dihitung dari penerapan kriteria-kriteria tersebut.

Perry menyampaikan hotel bakal menerima predikat tertinggi yaitu Platinum jika memperoleh skor 86-100 persen.

Kemudian predikat Gold 71-85 persen, Silver 55-70 persen, dan untuk hotel yang skornya di bawah 55 persen dianggap belum memenuhi standar.

BACA JUGA: PHRI Bali Bersama Pemda dan Polda Bali Cek Lokasi Ini, Untuk Apa?

“Secara garis besar, kriteria yang harus dipenuhi dari sisi prosedur, standar operasional prosedur, termasuk juga fisik dan dari sisi SDM,” lanjut Perry.

Dibagian lain, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, yang turut hadir pada  acara yang sama, menyampaikan hasil asesmen itu dapat meningkatkan kepercayaan negara-negara.

Khususnya dari anggota G20, yang bakal mengirim delegasinya ke Bali untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT/Leaders’ Summit) di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022.

“Penilaian  ini menunjukkan keseriusan Polda Bali bersama Pemprov Bali dan PHRI Bali dalam menyambut perhelatan G20," tegasnya.

BACA JUGA: Event Prost Fest 2022, Kembali Gairahkan Musisi Bali, Ini yang Diharapkan

"Dan tentunya dapat meningkatkan kepercayaan negara-negara terkait bahwa akomodasi pariwisata di Bali siap menghadirkan tempat akomodasi yang layak. Termasuk, memiliki standar yang sesuai untuk para kepala negara, delegasi, maupun panitia kegiatan G20,” sambungnya.

Daftar 8 Hotel di Bali yang Siap Menerima Tamu G-20

Ke-8 hotel yang dinyatakan lolos penilaian adalah sebagai berikut:

1. Meliá Bali Hotel

2. The Laguna A Luxury Collection Resort & Spa

3. Nusa Dua Beach Hotel & Spa

4. The St. Regis Bali Resort

5. The Westin Resort Nusa Dua Bali

6. The Apurva Kempinski Bali

7. Hilton Bali Resort

8. Conrad Bali.

Dari delapan hotel yang dievaluasi itu, Melia Bali Hotel memperoleh skor tertinggi yaitu 95,36 persen

Diikuti kemudian oleh The Laguna Resort & Spa (91,74 persen), Nusa Dua Beach Hotel & Spa (91,48 persen), St. Regis Bali Resort (86,38 persen), The Westin Resort Nusa Dua (86,27 persen), The Apurva Kempinski Bali (85,73 persen), Hilton Bali Resort (83,27 persen), dan terakhir Conrad Bali 83,20 persen. ***

Sumber: Antaranews

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya