Industri Fesyen Pamekasan Menjadi Target Unggulan Sektor Pariwisata

KLIKNUSAE.com – Industri Fesyen Pamekasan di Jawa Timur menjadi target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk bisa menjadi produk unggulan.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno  saat hadir di Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia, di Kantor Bupati Pamekasan, Selasa 24 Mei 2022.

Ia menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan workshop ini adalah untuk meningkatkan inovasi, kreativitas dan jiwa kewirausaahaan para pelaku ekonomi kreatif. Dimana, pada akhirnya nanti akan menciptakan lapagan pekerjaan baru.

“Hari ini saya bahagia, karena dalam tiga bulan terakhir saya sudah dua kali ke Pamekasan. Yang terakhir adalah dalam acara Pamekasan Fashion  Week (PFW). Hari ini kita memulai proses, yang akan menjadikan Kabupaten Pamekasan sebagai Kabupaten Kreatif,” katanya.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Bela UAS di Singapura, Ini Alasannya

“Selain melalui kegiatan Workshop KaTa, saya berharap juga dapat dilakukan kegiatan Uji Petik PMK3I. Hal ini,  agar para stakeholders parekraf yang ada di Pamekasan  dapat memilih satu dari 17 subsektor unggulan yang ada. Diantaranya,  fesyen yang sedang leading,” sambung  Sandiaga terkait Industri Fesyen Pamekasan.

Oleh karena itu, kata Menparekraf, pihaknya akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menumbuhkan ekosistem yang mampu membangkitkan ekonomi. Membuka lapangan kerja, responsif terhadap kemajuan teknologi.

Wira Usaha Baru Naik Kelas

“Tadi saya terinspirasi ada program WUB (Wira-Usaha Baru). Oleh karena itu, kami berharap langkah-langkah kedepan kita lebih bisa bersinergi,” pintanya.

Dimana sasarannya para  WUB bisa naik kelas. Setelah mereka membuka usaha tantangan berikutnya adalah meningkatkan skalanya.

BACA JUGA: Sandiaga Minta Warga Jangan Gunakan Transportasi Ilegal, Ini Alasannya

“Disinilah kolaborasi dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Kita harapkan akan ada program pelatihan dan pendampingan sehingga WUB ini suatu saat memiliki kualitas yang go nasional dan internasional,” ujarnya.

Selain itu, sebagai bagian untuk mendukung para pelaku UMKM di subsektor fesyen ia membuka endorsement bagi para pelaku fesyen.

Tentu, bagi mereka yang ingin produknya dipromosikan di media sosial resmi Kemenparekraf.

“Setiap hari Selasa, kami  open endorsement untuk memfasilitasi produk ekonomi kreatif. Khususnya di bidang fesyen yang akan dipakai menjadi seragam di hari Selasa. Dan akan kita promosikan di own media milik Kemenparekraf,” katanya.

BACA JUGA: Tantangan Industri Kreatif Fesyen Muslim, Disebutkan Angela Adaptasi Digitalisasi

“Kami juga akan membawa karya-karya fesyen terbaik Pamekasan untuk kami bawa saat perhelatan G20,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengapresiasi kinerja Menparekraf Sandiaga Uno yang bekerja extraordinary mendorong ekonomi kreatif di Kabupaten Pamekasan.

Besar harapannya inspirasi ini bisa mendorong, tumbuh kembangnya ekonomi kreatif di Pamekasan.

“Kami pemerintah daerah mendorong anak-anak muda untuk kreatif dan kolaboratif. Dengan program WUB kita bantu alat. Kita bantu modal pinjaman dengan bunga nol persen,” ujarnya.

BACA JUGA: FoodStarup Indonesia 2022, Satu Upaya Percepat Kebangkitan Ekonomi

“Komitmen ini kami jadikan untuk mendorong kebangkitan ekonomi dari desa. Karena jika semua desa ini makmur, maka Pamekasan bahkan Indonesia ini akan tumbuh dan sejahtera,” ujarnya.

Dalam acara KaTa Kreatif di Pamekasan, Menparekraf Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekra Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya