Ditanya Pemilu 2024 Diundur, Ini Jawaban Sandiaga Uno

KLIKNUSAE.com – Ditanya pemilu 2024 diundur, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memiliki jawaban tersendiri.

Pertanyaan yang tak diduga-duga itu menyeruak saat ia  memberikan keterangan pers di Sari Ater Hotel & Resort Subang, Jawa Barat, Minggu 6 Maret 2022.

Ada wacana Pemilu 2024 akan diundur, bagaimana menurut Pak Menteri?

“Wah, ini pertanyaan berbahaya sekali,” jawab Sandiaga mendapat pertanyaan dari awak media ini.

Namun, bukan Sandiaga Uno kalau tak menjawab semua pertanyaan yang diajukan.

Mantan pengusaha sukses ini pun memberikan tanggapan cukup diplomatis.

Menparekraf Sandiaga Uno saat berdiskusi dengan Ketua I DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jawa Barat Herrie Hermanie Soewarma, Minggu 6 Maret 2022. (Foto:Adhi)

“Saya sekarang tugas di Kementerian Ekonomi Kreatif. Fokus pada kebangkitan ekonomi, pembukaan lapangan kerja, menyemangati pelaku yang sudah dua tahun ini menghadapi keadaan yang kontraksi,” jawabnya.

Ia pun menyerahkan soal Pemilu kepada mereka yang memang berkompeten. Para ahli, pengamat dan yang lainnya.

“Biarlah itu yang komentar para ahli-ahli politik. Saya fokus pada kebangkitan ekonomi. Saya yakin, jika kita mempersiapkan transisi menuju endemi ini. Mudah-mudahan, Subang dan Jawa Barat serta Indonesia segera bangkit,” tambahnya.

BACA JUGA: Sandiaga Sebut Keberadaan Balon Udara Sari Ater Bisa Jadi Unggulan

Dukungan Menjadi Capres

Sebagaimana diketahui, Sandiaga kembali didorong untuk masuk pada bursa pencalonan residen pada Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan, beberapa elemen masyarakat mulai mendeklarasikan Sandiaga untuk maju, mencalonkan diri.

Ketua Umum DPP Teman Sandi, Nurulina Nuha Amedyan, misalnya,  mengatakan bahwa dirinya bersama seluruh generasi milenial di 18 provinsi sudah mendeklarasikan dukungan kepada Sandiaga Uno agar maju sebagai capres pada Pemilu Serentak 2024.

Sandiaga Uno, menikmati sarapan pagi di Restoran Kimanis Sari Ater Hotel & Resort usai jogging di kawasan perkebunan teh Cater, Subang, Jawa Barat, Minggu 6 Maret 2022. (Foto: Adhi)

"Hari ini kita deklarasikan Relawan Teman Sandi untuk mengawal beliau maju sebagai capres di 2024. Kami berharap dapat mengenalkan Bapak Sandi kepada masyarakat luas," tuturnya, kemarin.

Nurulina berpandangan Sandiaga Uno merupakan sosok yang tepat untuk jadi pemimpin Indonesia setelah Presiden Jokowi.

Menurutnya, Sandiaga Uno juga telah berhasil menjalankan semua visi dan misi serta arahan Presiden Jokowi selama menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Berkembangnya perekonomian saat ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras Bapak Sandi dalam membangun ekonomi yang kreatif," katanya.

Selesai lari pagi, Sandiaga masih menyempatkan untuk melayani warga yang ingin foto bersama. (Foto:Adhi)

Relawan Teman Sandiaga

Sementara itu, Ketua DPD Teman Sandi Makassar, Unirma M. Taufik menegaskan bahwa Relawan Teman Sandi tidak memiliki afiliasi politik dengan partai mana pun.

Menurutnya, Relawan Teman Sandi terbentuk murni dari masyarakat yang menginginkan Sandiaga Uno menjadi Pemimpin di Indonesia.

"Berdirinya Relawan Teman Sandi ini tidak terikat dengan partai politik mana pun," tegasnya.

BACA JUGA: Sandiaga Ingatkan Tren Pariwisata Kini Bergeser ke Digital

Dibagian lain, Politika Research and Consulting (PRC) bersama dengan Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis survei Key Opinion Leader tentang Profil Capres 2024.

Hasilnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dinilai responden sebagai kandidat calon presiden (capres) 2024 paling mempesona atau charming.

Capres Paling Mempesona

Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno menilai aspek penampilan yang dibagi ke dalam pesona, karisma, dan wibawa juga menjadi aspek penting bagi seorang calon pemimpin.

Naik kendaraan wara-wiri, Sandiaga mengitari kawasan wisata Sari Ater, Didampingi Direktur Operasional PT Sari Ater Herrie Soewarma. (Foto:Adhi)

Dan khusus pesona, Sandiaga Uno dianggap sebagai capres paling mempesona atau charming.

“Soal penampilan, ada beberapa aspek. Pertama soal pesona, kedua berkarisma dan berwibawa. Suka tidak suka, opinion leader mengenai penampilan dan karisma seorang capres penting. Pada aspek pesona, bagaimana penampilan seorang kandidat, Sandiaga Uno (biasanya) kalau tidak nomor 3 nomor 4,” tutur Adi di Hotel Novotel Cikini, Jakarta, Minggu (6/3/2022).

“Tapi di penampilan, Sandiaga Uno mendapatkan angka sangat tinggi 7,92, relatif unggul dari yang lainnya,” sambungnya.

BACA JUGA: Bali Segera Dibanjiri Maskapai Luar, Ini Kata Sandiaga Uno

Deretan Penampilan Capres

Adi mengatakan untuk aspek penampilan Sandi paling unggul disusul Ganjar Pranowo 7,76; Anies Baswedan 7,66; Ridwan Kamil 7,63; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 7,57; dan Andika Perkasa 7,48. Sementara Erick Thohir 7,25; Prabowo Subianto 6,98; Muhaimin Iskandar 6,96; Airlangga Hartarto 6,46; dan Puan Maharani 6,19.

“Untuk aspek berkarisma dan berwibawa, Ganjar 7,75; Anies 7,55; Andika; dan RK 7,43. Jadi, wibawa, kharisma, dan penampilan jadi aspek penting seorang capres,” kata dosen UIN Jakarta itu.

Menjajal Balon Udara Sari Ater, Sandiaga menyebutkan "is my dream" Subang. (Foto:Adhi)

Namun, Adi menjelaskan, nilai keseluruhan untuk aspek penampilan ini masih menempatkan Ganjar lebih unggul dengan nilai 7,75; disusul Sandiaga 7,65; Anies 7,60; dan RK 7,53.

Dijelaskan sebelumnya, survei ini digelar pada 5 Januari-5 Februari 2022 terhadap 207 tokoh yang diambil secara proporsional dari 34 provinsi yang berasal dari perguruan tinggi, media massa, dunia usaha, ormas keagamaan, institusi budaya, dan LSM (lembaga swadaya masyarakat).

Serta memenuhi syarat tidak terafiliasi parpol, berpendidikan minimal S1, dan memiliki pengaruh dalam pembentukan opini publik. Dengan menggunakan Skala Likert 1-10 sebagai alat ukur penilaian 11 aspek:

1. 1,199=sangat buruk;

2. 2-3,99=buruk;

3. 4-5,99=cukup;

4. 6-7,99=baik;

5. 8-10=sangat baik. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya