Doa Sebelum Berangkat Liburan, Mintalah Ini

KLIKNUSAE.com – Memasuki libur akhir pekan, tentu banyak rencana perjalanan yang sudah dipersiapkan. Termasuk jadwal untuk liburan bersama keluarga. Dan doa sebelum berangkat liburan menjadi penting.

Apalagi, bertepatan dengan tanggal merah sehingga akan memiliki waktu lebih banyak dalam menghabiskan libruan.

Nah, apakah kalian sudah punya pilihan  tempat wisata yang akan  dikunjungi bersama teman atau keluarga? Kalau sudah, berarti tinggal mempersiapkan satu hal lagi. Yaitu, doa saat berlibur.

Ketika berlibur berarti kalian memutuskan untuk berpergian jauh. Oleh karena itu, doa yang bisa diamalkan adalah doa perjalanan jauh.

BACA JUGA: Mau Liburan Rasa Luar Negeri, Coba Kunjungi Destinasi Ini

Khususnya di era pandemi seperti ini, kewaspadaan lebih penting. Atau di beberapa daerah yang iklim cuacanya masih sering berubah-rubah.

Untuk itu, biar tetap selalu dalam lindungan-Nya dan liburanmu jadi berkah, yuk jangan tinggalkan doa ini sebelum berangkat berlibur.

Doa saat berpergian jauh

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookibu fiissafari walkholiifatu fii ahli.

BACA JUGA: Liburan Akhir Pekan di Bandung, Coba Deh Mampir ke D’Pakar

“Ya Allah mudahkankah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Bisa juga tambahkan doa ini:

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. Padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.

BACA JUGA: Mau Liburan Ke Ancol, Perhatikan 4 Hal Ini

Menurut sebagian kalangan, doa ini  juga disarankan dibaca saat naik kapal pesiar atau laut.

Hal tersebut sebagaimana dilakukan Nabi Nuh pada saat mengendarai kapal dan diabadikan dalam Surat Al-Huud ayat 41.

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan Nuh berkata: Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Hud: 41).

Share this Post:

Berita Lainnya