Suasana Sirkuit Portimao Portugal yang Sempat di ‘Twitt’ Presiden Jokowi

KLIKNUSAE.com – Suasana sirkuit Portimao di Portugal memang sangat mirip dengan sirkuit Mandalika yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mungkin karena kemiripan tersebut, admin twitter Presiden Jokowi sempat salah mengutip foto-foto arena balapan formula kelas dunia tersebut.

Kesalahan unggahan gambar tentang Sirkuit Mandalika itu terjadi pada akun Twitter @jokowi pada Sabtu 15 Januari 2022 kemarin.

BACA JUGA: Diancam Batalkan Event MotoGP 2022, Begini Reaksi Menparekraf Sandiaga

Melalui gambar yang diunggah di Twitter tersebut, Presiden Jokowi menyebut Lombok, lokasi Sirkuit Mandalika, terdapat banyak keindahan yang bisa membuat semua orang di dunia terpesona.

Gambar yang diunggah rupanya bukan Sirkuit Mandalika. Gambar yang diunggah adalah ilustrasi Sirkuit Portimao atau yang bernama lengkap Sirkuit Internasional Algarve, Portugal.

Instagram/@erviti_atelierporsche

Gegerlah, jagat maya. Banyak berhamburan komentar netizen. Bahkan para politisi pun ikut bersuara. Salah satunya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Meski begitu, Mardani menilai wajar jika ada kesalahan tidak disengaja. Menurutnya, hal itu harus ditindaklanjuti dengan meminta maaf, bukan menghapus.

BACA JUGA: Akan Ada Taksi Helikopter dan Jet Pribadi di Mandalika Lombok

Karena sudah menghilang dari akun twitt Presiden, orang pun penasaran, seperti apa sebetulnya Sirkuit Portimao ini.

Sirkuit Internasional Algarve biasa disebut juga dengan Sirkuit Portimão.  Sirkuit ini memiliki panjang 4,692 kilometer (2,915 mi).

Hanya Berjarak 55 Menit Dari Bandara

Terletak di selatan Potugal, tak jauh dari Bandara Internasional Faro yang berjarak sekitar 50 mil atau 55 menit lebih jauh ke timur di sepanjang pantai.

Instagram/@simonsen_racing-12

Atau kalau ditempuh dari pusat Kota Portimao dan Lagos cukup menempuh jarak waktu 10 menitan. Masuknya, dari jalur dua arah Jalan Raya A22 dan keluar di Mexilhoeira Grande.

Pembangunan arena balap motor kelas dunia ini menelan biaya sebesar €195.000.000 atau sekitar Rp 3,1 triliun. Ada 15 tikungan sepanjang 4,653 kilometer.

BACA JUGA: ITDC Manfaatkan Dana Rp500 M Untuk Mandalika, Apa Saja Infrastukturnya?

Selesai dibangun pada tahun 2008, sirkuit ini menjadi sebuah tantangan bagi para pembalap karena rangkaian tanjakan dan turunan yang sangat curam.

Ini adalah trek yang sangat cepat, dimana menuntut kepiawaian dan penguasaan teknis lapangan untuk setiap pembalap. Pada tahun 2020, Sirkuit Internasional Algarve Portimao memperoleh peringkat FIA Grade 1.

Instagram/@auntie_val69

Dengan predikat tersebut, memungkinkan Portimo menjadi tuan rumah Formula 1 Grand Prix Portugis pada Oktober 2020 dan kemudian dilanjutkan pada Mei 2021 lalu.

Pada akhir tahun 2021 di sirkuit ini juga berlangsung event motorGP World Endurance Championship (WEC).

Banyak pembalap yang terkesan saat mengikuti event ini. Lalu, apa saja yang diharapkan pembalap saat mengaspal di arena Portmao?

Diantaranya, pada belokan 1 yang memiliki  tantangan tersendiri. Setelah pit lurus hampir satu kilometer dan mengerem menuruni bukit, mobil-mobil akan memasuki tikungan kanan pertama dengan trek menanjak.

Instagram/@erviti_atelierporsche

Selanjutnya, pada belokan 15 berbentuk tikungan panjang ke kanan (berakselerasi hampir 300 meter).

Pembalap akan dihadapan pada perjalanan menuju tanjakan dengan pit lurus berupa dataran tinggi yang kemudian turun tajam menuju menikung.

Nah, selain itu, sirkuit ini juga dilengkapi lintasan go-kart, taman off-road, hotel, kompleks apartemen, taman teknologi, dan kompleks olahraga.

Suasana sirkuit portimao sendiri disebut-sebut memiliki keindahan alam seperti negara-negara di subtropis.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya