Bandara Bali Beri Penjelasan Soal Belum Masuknya Wisman

KLIKNUSAE.com – Bandara Bali memberikan penjelasan terkait belum adanya wisatawan mancanegara (wisman) yang mendarat pada hari pertama dibukanya penerbangan internasional, Kamis 14 Oktober 2021.

Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira mengatakan pihaknya belum mendapat Surat Edaran (SE) resmi dari Kementerian Perhubungan.

Khususnya, menyangkut izin penerbangan internasional di Bali. Namun demikian mereka kini sudah mengantongi SE dari Satgas Covid - 19 nasional.

"Kami masih belum bisa menerima penerbangan internasional karena memang sesuai SE Kemenhub penerbangan Internasional masih dilayani Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, dan Sam Ratulangi, Manado. Untuk Bali belum," katanya kepada wartawan, hari ini.

BACA JUGA: Bali Buka Penerbangan Internasional, Namun Turis Belum Datang, Ini Alasannya

Bali sendiri sudah ditetapkan sebagai pintu kedatangan Warga Negara Asing jika mengacu SE Satgas Covid - 19 nasional.

Sehingga dari kondisi itu belum ada penerbangan internasional yang masuk ke Bali hari ini.

"Belum ada maskapai yang mengajukan penerbangan ke Bali dan berangkat dari Bali," katanya.

Menunggu Strategi Maskapai Untuk Komersialisasi Tiket

Taufan belum bisa memprediksi sampai kapan kondisi ini terjadi.

Tapi menurut dia walaupun Kementerian Perhubungan sudah mengedarkan surat edaran baru terkait pintu kedatangan internasional di Bali, kedatangan wisatawan juga masih tergantung dari maskapai.

BACA JUGA: Bali Tak Serta Merta Bisa Dibuka untuk Turis Asing, Ini Alasannya

"Ini kembali ke maskapai strategi mereka untuk komersialisasi tiket, mereka punya strategi khusus untuk penjualan tiket," katanya.

Taufan mengatakan sampai saat ini belum ada izin penerbangan internasional dari Bandara Ngurah Rai.

Kalaupun ada itu hanya penerbangan khusus atau charter untuk repatriasi, yang masuk dalam regulasi khusus.

"Ada Qantas sudah melakukan dua kali penerbangan repatriasi mengembalikan warga negara Australia. Kalau repatriasi memang regulasi khusus sifatnya darurat juga seperti medical evacuation," katanya.

BACA JUGA: Bali Belum Memutuskan Hotel Karantina Perjalanan Luar Negeri

Pada hari yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Bali, I Putu Astawa mengakui belum ada wisman yang tiba di Bali.

Hal ini disebabkan, waktunya yang cukup singkat dengan dibukanya dibukanya kembali akses penerbangan langsung.

“Mungkin mereka (wisman) melihat waktunya sangat pendek, jadi masih butuh persiapan. Begitu juga dengan airlines preparing-nya juga harus matang ya. Tapi, yang terpenting, sekarang penerbangan internasional sudah diizinkan masuk,” kata Putu ketika dihubungi Kliknusae.com, Kamis 14 Oktober 2021. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya