Kompetisi Liga 1 Akhirnya Bisa Kembali Bergulir, Polri Sudah Berikan Izin

JAKARTA, KLIKNUSAE.com – Kompetisi Liga 1 2021-2022 akhirnya bisa digulirkan menyusul telah keluarnya izin keramaian dari  Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Pemberian izin Liga 1 oleh Polri ini dibenarkan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat 13 Agustus 2021.

"Izin sudah diberikan," kata Argo seperti dikutip Kliknusae.com dari Antaranews.com, siang ini.

Namun Argo tidak menjelaskan secara detail kapan izin keramaian tersebut diberikan secara resmi.

BACA JUGA: Pelatih Timnas Pulang Ke Korea,Sempat Dilarang Ketua PSSI

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi melalui akun resminya menyatakan bahwa kompetisi Liga 1 akan digelar pada 20 Agustus 2021.

Namun karena berbagai hal dan pertimbangan teknis lainnya kick-off kemudian disepakati pada 27 Agustus.

Akan tetapi izin keramaian tersebut tentunya telah mengantongi rekomendasi dari Satgas Penanganan COVID-19, mengingat kompetisi sepak bola tersebut berlangsung di masa pandemi.

Dalam penerbitan izin ini Polri berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Satgas Penanganan COVID-19, dan Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA: ASITA: Paket Piala Dunia U-20 Harus Segera Disiapkan

Ketua PSSI Ungkapkan Apresiasi Kepada Kapolri

Terbitnya izin Liga 1 dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga diungkapkan oleh Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, kemarin.

"Kami berterima kasih kepada Pak Kapolri yang sudah menurunkan izin keramaian dan disampaikan kepada kami melalui Asops Kapolri (Irjen Pol. Imam Sugianto-red)," kata Iriawan dalam peluncuran BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022 secara virtual di Jakarta.

Menurut dia, Kapolri turut mengawal persiapan Liga 1 Indonesia musim ini. Selain itu, Kapolri juga menjadi salah seorang yang meminta jadwal awal Liga 1 2021-2022 dimundurkan tujuh hari, dari seharusnya 20 Agustus menjadi 27 Agustus 2021.

BACA JUGA: Terkait Wabah Corona, Izin Keramaian di Jabar akan Dievaluasi

BRI Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan digelar mulai 27 Agustus 2021 hingga Maret 2022 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Formatnya tidak berubah dari rencana semula digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.

Semua pertandingan nantinya berlangsung tanpa penonton di stadion.

Setelah kepastian Liga 1, berikutnya PSSI dan LIB akan menggulirkan Liga 2, namun waktu pelaksanaan dan teknis penyelenggaraan baru dipastikan kemudian.

Dengan bergulirnya kembali kompetisi sepakbola bergengsi di tanah air ini memberikan harapan akan tumbuhnya sektor wisata, khususnya untuk sportourism.

Masyarakat juga bisa mendapatkan hiburan ditengah himpitan pandemi yang membuat kebanyakan orang menjadi stres.

***

Share this Post:

Berita Lainnya