Jalur Puncak-Cianjur Macet Lagi, Dipadati Warga Yang Ingin Berwisata

KLIKNUSAE.com – Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat kembali dipadati warga yang beriwisata. Mereka kebanyakan adalah warga dari luar kota yang memadati jalan di sepanjang Kota Cipanas.

Antrean kendaraan pun terlihat mulai dari siang hingga menjelang malam hari. Terutama di beberapa titik kepadatan seperti, Pasar Cipanas, Simpang Sate Maranggi, Ciloto hingga ke Puncak Pass.

Meski tujuan tempat wisata saat ini masih tutup karena penerapan PPKM level 3 yang belum mengizinkan ajang rekreasi dibuka, namun wisatawan tetap mengitari pinggiran objek wisata.

BACA JUGA: Istana Kepresidenan Cipanas Dibalut Bendera Merah Putih Raksasa

Tak sedikit  kendaraan yang terjebak antrian bernopol Jabodetabek dengan tujuan tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas.

Dikira Objek Wisata Sudah Dibuka Karena Adanya Pelonggaran PPKM

Mereka yang kecele tersebut bermaksud ingin menuju objek wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Savilage Puncak dan Kota Bunga Cipanas.

Antrian terus memanjang dari kedua arah menuju Cianjur atau sebaliknya yang ingin ke Bogor. Sebagian besar pengendara memutar balik kendaraan karena tempat wisata yang dituju belum beroperasi.

"Kami berencana ke Kebun Raya Cibodas, bersama rekan kantor, tidak tahu kalau tempat wisata di Puncak ternyata masih pada tutup," kata Cindy (32) pengendara asal Jakarta Timur saat ditemui di Kawasan Kebun Raya Cibodas, Minggu 22 Agustus 2021.

"Kami sempat terjebak macet di Puncak-Bogor, sampai ke Cibodas menjelang siang atau sekitar 3 jam dari keluar tol Ciawi, " lanjutnya.

BACA JUGA: Antisipasi Kemacetan, Polres Cianjur Tutup Jalur Menuju Puncak-Cipanas

Hal yang sama dilakukan sukardi (35) pengendara asal Depok, yang hendak berwisata di Puncak, memilih pulang ke kota asal, namun terjebak antrian panjang kendaraan di kawasan Cipanas.

"Keluar dari Kebun Raya Cibodas yang tutup, kami mencoba wisata kuliner di kawasan Cipanas, mau pulang antrian sudah terjadi dengan laju kendaraan tersendat. Sudah hampir malam, baru sedikit lancar, " katanya.

Satlantas Polres Cianjur Berlakukan Sistem Buka Tutup

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom Sutresno, mengatakan sejak pagi hingga malam menjelang antrian kendaraan sudah terlihat dari arah Bogor menuju Cianjur.

Begitu pun sebaliknya menjelang sore antrian memanjang ke arah Bogor, sehingga sepanjang hari pihaknya memberlakukan rekayasa arus, termasuk sistem buka tutup satu arah.

BACA JUGA: Antrean Mengular, Jalur Puncak-Cianjur Kembali Ditutup

"Sejak pagi hingga sore volume kendaraan meningkat didominasi nopol luar kota di Jalur Puncak-Cianjur. Antrian tidak bergerak sampai menjelang malam," jelasnya.

Untuk mengantisipasi semakin panjang antrean, pihaknya memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor. Cara ini, ternyata berhasil mengurangi kepadatan.

Ia menjelaskan sebagian besar pengendara luar kota berencana menuju tempat wisata yang ada di kawasan Puncak-Cianjur.

Tapi karena seluruh tempat wisata masih tutup, kendaraan yang keluar masuk tempat wisata menyebabkan antrian sejak siang hingga malam menjelang.

***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya