Menengok Kelurahan Mentawir, Satu-satunya Desa Wisata Kalimantan Timur

Kliknusae.com - Kelurahan Mentawir yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) terpilih menjadi salah satu destinasi desa wisata. Desa ini terpilih bersama 244 desa wisata lainnya di Indonesia.

Uniknya, Desa Mentawir jadi satu-satunya desa wisata yang ada di Kaltim. Hal tersebut dikatakan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Komisi III, Muhammad Bijak.

"Mentawir itu luar biasa ya, jadi kemarin saya dapat informasi dari masyarakat sadar wisata. masata ini semacam underbow dinas Pariwisata, yang memang dibentuk langsung pusatnya itu di Kemenparekraf itu menunjung ada 244 desa wisata seluruh Indonesia. Salah satunya Mentawir, dan ini juga merupakan satu-satunya desa wisata," kata Bijak pada Senin (22/3), dilansir Kliknusae.com dari TribunKaltim.

Mentawir memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa, seperti mangrove yang masih terjaga, arum jeram dan kreativitas yang luar biasa dari masyarakat setempat. Seperti membuat produk dengan bambu serta olahan makanan dari buah mangrove.

"masyarakat nya disana tidak hanya serta merta mengandalkan spot di satu saja, tetapi mereka juga mencoba membangun kerajinan bambu itu dibentuk macam macam, kemudian olahan magrove, itu tanpa bantuan dari pemerintah" kata Bijak.

Bijak melanjutkan, dengan potensi tersebut, masyarakat setempat perlu dibina lebih serius lagi.

"Karena saya pikir kualitas sangat bagus, mereka juga sudah memasarkan secara online, (Kerajinan) mereka sudah ada Instagram, dan terdaftar di Shopee dan Tokopedia, hanya saja memang kapasitas produksi terbatas karena tenaga nya sedikit. Hararapanya kedepan harus dibina lebih serius lagi," kata Bijak lagi. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya